Makanan Yang Dapat Mencegah Anemia Secara Ampuh


Makanan Yang Dapat Mencegah Anemia - Agar tetap sehat dan bugar, tubuh kita membutuhkan jumlah darah yang cukup (normal). Jika jumlahnya tidak mencukupi, atau terjadi penurunan jumlah darah, maka hasilnya kemudian adalah anemia. Cara terbaik untuk meningkatkan jumlah darah merah adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, yang dapat meningkatkan sel-sel darah dalam tubuh.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa meningkatkan jumlah darah dalam tubuh, yang dapat mencegah terjadinya anemia.

1. Sereal Hangat


Menikmati sereal hangat sebagai menu sarapan adalah pilihan baik jika Anda menginginkan makan pagi yang sehat dan mengenyangkan. Sereal yang dipilih bisa terbuat dari gandum, jagung, green barley (sejenis gandum), dan rye (sejenis serelia). Sereal-sereal tersebut memiliki banyak mineral dan nutrisi yang mampu meningkatkan jumlah sel darah merah.
Baca Juga : Makanan Yang Mengandung Polifenol Tinggi

2. Susu


Susu adalah pasangan yang cocok untuk sereal, dan mengandung banyak protein serta vitamin. Susu juga mengandung vitamin B kompleks, potasium, dan kalsium, yang baik untuk kesehatan tubuh. Semua nutrisi yang terdapat dalam susu juga berguna untuk meningkatkan fungsi darah.

3. Hati


Selain enak, hati sudah terkenal sebagai makanan penambah darah. Kenyataannya, hati memiliki banyak kandungan zat besi dan vitamin B yang ampuh untuk menambah darah. Anda bisa memilih mengonsumsi hati ayam, atau hati hewan lain.


4. Roti Gandum


Roti gandum mengandung banyak zat besi dan vitamin B kompleks. Dibanding roti jenis lain, roti gandum lebih mampu mempertahankan nutrisi alami yang terkandung di dalamnya.  Kandungan zat besi dan vitamin B kompleks pada roti gandum sangat baik untuk menambah darah.

5. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan mengandung banyak protein dan low-fat, sehingga diet Anda tidak akan terganggu. Kacang-kacangan juga mengandung zat besi dan vitamin B yang baik untuk menambah darah.

Demikianlah tadi mengenai makanan yang dapat mencegah anemia secara ampuh, Anda dapat mengosumsi makanan tersebut dalam keseharian Anda.

Subscribe to receive free email updates: