Makanan-Makanan yang Bisa Menyegarkan Napas di Saat Puasa

Makanan-Makanan yang Bisa Menyegarkan Napas di Saat Puasa


Bau tidak sedap pada mulut sering kali dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang kita konsumsi. Selain itu, sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi juga bisa menimbulkan bau menyengat yang ikut menghasilkan bau tak sedap.

Biasanya, orang menggunakan perment mint untuk mengatasi bau tak sedap pada mulut, sekaligus untuk menyegarkan napas. Namun, sebenarnya, ada cara yang lebih baik untuk hal itu, yaitu dengan memakan makanan tertentu yang dapat membantu menyegarkan napas. Mesti tentu Anda harus tetap menyikat gigi secara rutin setiap hari. Berikut ini makana dan minuman yang bisa membantu menyegarkan napas.


1. Apel


Mengunyang buah-buahan dan sayur-sayuran segar seperti apel, seledri atau wortel, dapat membantu menghilangkan plak pada gigi yang menyebabkan bau mulut. Aktivitas mengunyanah dapat meningkatkan produksi air liur dan mencegah perkembangan bakteri.

2. Jeruk


Jeruk adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, yang dapat memusnakan bakteri  yang tidak diinginkan di dalam mulut. Buah yang kaya vitamin C ini juga dapat membantu melawan penyakit seperti radang gusi yang menambah parah bau mulut.

3. Teh


Teh hijau atau teh hitam memiliki kandungan polifenol yang mampu mengurangi bau mulut. Karenanya, meminum secangkir teh hijau atau teh hitam bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Agar kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau dapat bekerja membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut, sebaiknya jangan tambahkan gula atau pemanis lainnya.

4. Yoghurt


Jika bau mulut menjadi masalah, Anda dapat mengatasinya dengan rutin meminum yoghurt yang dikonsumsi tanpa gula. Dalam enam minggu, jika dikonsumsi dengan rutin, yoghurt dapat menghilangkan bau mulut karena kandungan bakterinya yang baik, yang dapat mematikan bakteri jahat penyebab bau mulut. Selain itu, yoghurt mengadung vitamin D yang juga membantu melawan bakteri.


5. Tanaman Obat


Banyak orang tua yang biasa mengunyah daun sirih, dan mereka membuktikan bahwa kebiasan itu menjadikan mereka tidak pernah mengalami masalah bau mulut atau pernapasan. Selain daun sirih, daun mint, parsley, dan biji adas, juga memiliki fungsi yang sama. Tanaman obat yang berbentuk daun hijau lain juga mengandung klorofil yang membantu menyegarkan napas tanpa menambah aroma lain yang berlebihan.

Subscribe to receive free email updates: