Makanan-Makanan Sehat untuk Buka Puasa



Makanan Sehat Untuk Buka Puasa - Sebulan dalam setahun, umat islam diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan. Saat berpuasa seharian, tubuh kita tidak mendapat pasokan makanan apa pun. Karenanya, saat mulai makan pada waktu berbuka, sebaiknya pilihlah makanan-makanan yang sesuai untuk perut yang sedang dalam kondisi kosong.

Memilih makanan yang tepat saat berbuka akan membantu tubuh beradaptasi dengan makanan, selain juga mampu menyuplai energi yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa makanan yang baik dan sehat untuk berbuka puasa.


1. Kurma


Sudah sejak lama kurma terkenal sebagai makanan untuk berbuka puasa. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kurma mengandung glukosa dan fruktosa, serta kalium yang sangat tinggi (hampir 64 persen lebih banyak dari pisang). Selain itu, kurma juga mengandung serat larut yang sangat bagus untuk kesehatan. Bagi Anda yang sedang berdiet, kurma akan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan makan berlebihan.

2. Madu Asli


Madu asli - yang tidak dicampur bahan lain - mengandung banyak phytochemical  dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Madu juga bisa menjadi sumber energi dan antibakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1-2 sendok makan setiap hari saat berbuka puasa dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa.


3. Ikan


Mengonsumsi ikan secara teratur akan memberikan efek positif pada kesehatan. Karenanya, ikan sangat bagus sebagai hidangan saat buka puasa. Kandungan EPA dan DHA pada ikan terbukti mampu memperbaiki fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi peradangan. Beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah salmon, tuna, kod, dan nila.


4. Buah Ara


Selain kurma, buah ara juga baik untuk berbuka puasa. Buah ara mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Selain itu, buah ara juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan. Sebagai makanan alkal, buah ara mampu menyeimbangkan pH tubuh yang asam.

5. Minyak Zaitun


Saat memasak untuk buka puasa, minyak zaitun lebih baik digunakan daripada jenis minyak lain. Minyak zaitun mengandung omega-9 dan asam lemak oleat. Minyak zaitun telah terbukti mampu memingkatkan kolestrol baik dan menurunkan kolestrol jahat. Minyak zaitun juga kaya antioksidan.

Demikanlah informasi mengenai makanan-makanan sehat untuk berbuka puasa yang dapat Anda jadikan menu pilihan utama.

Subscribe to receive free email updates: