6 Jenis Masker Untuk Mengatasi Wajah Berjerawat

Jerawat, berbentuk kecil namun bisa mempengaruhi penampilan secara keseluruhan. Selain rasa sakit yang ditimbulkannya, jerawat dapat menurunkan kepercayaan diri kita karena tampilan wajah yang terlihat sangat rusak.

Satu jerawat saja jika tidak ditangani secara tepat bisa menimbulkan jerawat yang baru. Akibatnya, sejumlah jerawat ini bisa menimbulkan bekas sehingga wajah terlihat kasar, muncul flek hitam, dan bopeng. Maka dari itu, kami menganjurkan untuk melakukan perawatan yang alami, salah satunya dengan masker.


Namun sebelum membahas jenis masker untuk wajah berjerawat, ada baiknya jika kamu mempelajari seperti apa jenis kulitmu terlebih dahulu dan memahami apa saja faktor yang bisa menimbulkan jerawat.

PENYEBAB JERAWAT

Jenis kulit yang memproduksi minyak secara berlebihan dan memiliki pori-pori yang lebar biasanya akan mudah untuk ditempeli kotoran dan debu. Saat kotoran ini menempel, maka pori-pori wajah akan tertutup dan tersumbat sehingga timbullah jerawat, alergi, ataupun gangguan kulit lainnya. Saat kotoran dan debu ini sudah bercampur dengan keringat dan minyak, maka wajah kamu akan terlihat sangat kusam.

Hal ini berlaku pula pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Jenis kulit seperti ini sangat rentan terhadap penggunaan kosmetik ataupun sabun pembersih yang memiliki kandungan zat kimia. Selain itu, terlalu sering berganti produk make up atau sabun pembersih bisa membuat kulit yang sensitif rawan terhadap jerawat.

Kulit wajah yang ditumbuhi jerawat akan mudah mengalami iritasi dan peradangan sehingga dibutuhkan perawatan yang hati-hati. Sementara itu, masker merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi kondisi seperti ini karena tidak memiliki sifat inflamantori, yaitu pengelupasan kulit. Selain itu, masker alami juga memiliki kandungan sulfur dan benzoyl peroxide yang bisa membunuh bakteri. Untuk penggunaan masker, sebaiknya fokuskan pada daerah yang cenderung berjerawat saja dan hindari pada bagian mata atau mulut. Anda juga bisa melihat masalah seputar jerawat seperti Hal yang Harus Dihindari Saat Berjerawat.

MASKER UNTUK WAJAH BERJERAWAT

Untuk kamu yang memiliki wajah berminyak, memilih masker tidak boleh sembarangan. Produk masker yang siap pakai biasanya memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi kulit berjerawat. Untuk itu, buatlah masker kamu sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.
Masker Apel

6 Jenis Masker Untuk Mengatasi Wajah Berjerawat

Blender apel hingga halus, kemudian tambahkan madu ke dalamnya. Simpan di dalam kulkas, dan diamkan sekitar 15 menit sebelum digunakan. Oleskan pada wajahmu dengan menggunakan kuas, dan diamkan sekitar setengah jam. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air dingin.

  • Masker Jeruk Nipis

Siapkan 1-2 buah jeruk nipis, lalu peras airnya hingga habis. Gunakan bagian kulitnya pada wajah kamu dengan cara mengoles-oleskannya secara lembut. Diamkan sekitar 20-25 menit dan cuci dengan air hangat.

  • Masker Nanas

Jadikan buah nanas sebagai jus terlebih dahulu, kemudian tambahkan air santan ke dalamnya. Oleskan ramuan ini pada wajahmu dengan bantuan kapas, lalu tunggu hingga kering. Terakhir, cuci wajahmu dengan air dingin.

  • Masker Semangka

Ambil bagian kulit buah semangka dan jemur hingga kering. Blender bagian kulit yang sudah kering ini hingga halus. Tambahkan daging lidah buaya dan mentimun yang juga sudah dihaluskan, kemudian oleskan pada wajah.

  • Masker Lumpur

Kamu bisa mendapatkan lumpur sebagai bahan masker dari toko kecantikan. Untuk penggunaannya, campurkan lumpur tersebut dengan kunyit lalu terapkan pada wajah. Setelah kering, cuci wajahmu dengan air dingin.

  • Masker Yogurt

Siapkan yogurt secukupnya, lalu tambahkan perasan jeruk lemon. Campur hingga merata dan jadikan masker pada wajahmu. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air dingin.

***

Selain dengan menerapkan masker untuk wajah berjerawat di atas, pastikan pula untuk selalu menjaga kebersihan wajah, rambut dan tanganmu agar kemunculan jerawat ini bisa semakin diminimalisir.

Subscribe to receive free email updates: