Beberapa Jenis Ikan Hias Air Laut

Beberapa orang lebih memilih ikan hias air tawar untuk dikoleksi. Sebab, ikan hias air laut perawatannya tidak segampang ikan hias air tawar. Namun, jangan salah. Ternyata banyak juga orang-orang yang memelihara ikan hias air laut.

Beberapa Jenis Ikan Hias Air Laut

Meskipun modal yang dibutuhkan untuk memelihara ikan hias air laut tidaklah sedikit alias besar. Ikan hias air laut juga banyak peminatnya. Jenis ikan hias air laut pun bermacam-macam. Jadi, anda tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai macam pilihan ikan hias air laut.

Ketika anda memelihara salah satu atau beberapa jenis ikan hias air laut, aquarium yang anda punya sebaiknya cukup besar. Sebab ikan hias air laut membutuhkan space yang lumayan untuk tempat tinggal. Air di dalam aquarium juga harus secara rutin diganti supaya ikan-ikan piaraan anda tidak cepat mati. Ikan hias air laut yang bisa anda pelihara sebenarnya berjumlah cukup banyak.

Namun perawatan ikan hias air laut memang tidak mudah. Akan tetapi ada penggolongan dimana terdapat ikan hias air laut yang lumayan mudah untuk dipelihara. Oleh karena itu, ikan-ikan jenis seperti itu bisa jadi sangat cocok bagi anda yang masih seorang pemula.

Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara 

Berikut ini adalah jenis ikan hias air laut yang bisa cukup mudah untuk anda pelihara. Pertama, ikan hias air laut blue tang. Ukuran ikan blue tang bisa mencapai 30 cm. ikan ini terbilang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Warnanya yang sangat indah, dari warna dominan biru serta kuning di ekornya. Blue tang memiliki kebiasaan yang unik yakni bersembunyi di balik terumbu.

Namun ikan ini juga termasuk golongan ikan yang berenang secara aktif. Maka dari itu, jika anda berniat memelihara ikan jenis ini, sediakanlah aquarium yang cukup besar supaya si ikan bisa memiliki ruang gerak yang lebih banyak.

Jenis ikan hias air laut berikutnya adalah yellow tang. Ikan yellow tang bisa mencapai ukuran 20 cm. warna yang dimiliki ikan yellow tang sangat cantik. Ikan ini didominasi oleh warna kuning cerah yang sangat mempesona.

Ketika malam hari tiba, warna ikan ini akan berubah, warna dominan yang semula kuning cerah akan berubah menjadi kuning agak kecoklatan, karena warna kuningnya memudar saat malam hari. Akan tetapi jika sudah siang hari, warna ikan yellow tang ini akan kembali menjadi kuning cerah. Sebaiknya jika anda memelihara ikan ini, berikanlah ganggang atau rumput laut sesekali sebagai makan. Hal ini berguna untuk penguatan sistem kekebalan tubuh sang ikan.

Selanjutnya dari jenis ikan hias air laut adalah clownfish. Ikan ini sudah tidak asing lagi bagi para penikmat film. Clownfish muncul sebagai karakter utama dalam film “finding nemo”, dengan nama Nemo. Ikan ini juga disebut sebagai ikan badut karena corak warna dari ikan tersebut. Ikan ini sangat mempesona penonton baik itu berupa animasi di “finding nemo” maupun clownfish secara nyata.

Ukuran clownsfish bisa mencapai 18 cm. Clownfish sendiri telah tersebar di berbagai lautan di dunia. Mulai dari lautanpasifik, lautan India, laut merah, sampai karang besar Australia. Itu adalah beberapa jenis ikan hias air laut yang cukup mudah untuk anda pelihara. Terima kasih.

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Aquascape Terbaru 2016

Subscribe to receive free email updates: