Cara Mudah Budidaya Lobster Air Tawar

Lobster air tawar mungkin belum banyak orang yang tahu. Padahal budidaya lobster air tawar bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Cara Mudah Budidaya Lobster Air Tawar

Untuk membudidayakan lobster air tawar tentunya anda membutuhkan beberpa langkah termasuk langkah untuk membuat media, memilih bibit lobster yang baik dan bagaimana memelihara lobster yang benar. Tentunya hal ini bisa anda lakukan dengan mudah, bagaimana caranya ? simak ulasan berikut ini.

Memilih bibit lobster air tawar

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk budidaya lobster air tawar adalah dengan memilih bibit lobster yang benar benar berkualitas.

Bibit lobster yang sehat tentunya sejak awal sudah terlihat. Riwayat induk juga mempengaruhi bibit lobster yang akan anda beli. Selain itu anda juga bisa membuat bibitnya dengan mengawinkan lobster betina dan jantan.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik anda bisa memilih lobster yang memiliki ukuran antara 1 hingga 2 inchi, kemudian dimasukkan kedalam kolam pembesaran dengan dipasangi kincir agar ada gelembung udara.

Membuat habitat lobster air tawar

Budidaya lobster air tawar akan dipengaruhi oleh habitat yang dibuatkan untuk lobster. Habitat yang anda buat bisa menggunakan kolam tanah, kolam semen, terpal, bahkan akuarium.

Yang paling penting adalah air yang akan anda gunakan untuk budidaya tersebut tidak mengandung kaporit. Jika air tersebut adalah air pam ataupun air sumur tanah sebaiknya dimakan dahulu hingga sekitar satu minggu sebelum anda memasukkan lobster kedalam kolam, hal ini perlu dilakukan agar kaporit hilang dan bau tanah juga hilang.

Pemeliharaan lobster air tawar

Dalam budidaya lobster air tawar hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah asupan makanan. Lobster memiliki sifat kanilbal layaknya lele. Jika asupan makanan mereka kurang maka mereka akan makan sesamanya.oleh karena itu penting sekali untuk memastikan bahwa mereka selalu mendapatkan pasokan makanan yang cukup.

Oleh karena itu ada baiknya juga untuk membuat pralon atau saluran kecil yang bisa di gunakan untuk tempat sembunyi lobster yang masih kecil sehingga tidak dimakan oleh yang besar.

Budidaya lobster air tawar harus bisa memperhatikan perkembangan lobster. Umumnya lobster mengalami pergantian kulit seperti ular, saat masa pergantian kulit inilah lobster terlihat lemak sehingga asupan makanan berkurang dan kecil.

Namun setelah selesai pergantian kulit umumnya ukuran lobster menjadi sangat besar atau kembali normal. Untuk memberi makan lobster anda bisa memberinya makan dua kali sehari. Berilah saat pagi atau sore hari ketika malam menjelang.pemberian pakan lobster secara disiplin dan teratur akan menghindarkan dari kanibalisme yang dilakukan oleh lobster.

Pakan yang bisa anda berikan adalah jagung basah yang telah diparut, sayuran, ketela diparut kemudian bisa plankton dengan membuat banyak lumut pada kolam.

Baca Juga:  Begini Cara Budidaya Jamur Kuping Yang Baik Dan Benar

Subscribe to receive free email updates: