Berkenalan Jenis Jenis Ikan Cupang

Saat masih kecil, apakah kalian ingat sering bermain adu ikan? Dan ikan yang kalian adukan itu memiliki sirip yang indah? Ikan itu adalah ikan cupang. ikan cupang menurut orang-orang dibagi menjadi tiga macam. Pengelompokkan jenis-jenis ikan cupang berdasarkan dari gaya hidup cupang yakni ikan cupang aduan, ikan cupang hias, dan ikan cupang liar. Keberadaan ikan cupang juga masih banyak diminati orang-orang. Entah untuk sekedar melepaskan penat dengan mengadu cupang dan berkompetisi dengan cupang-cupang lain, atau untuk hiasan di tempat anda tinggal, sebagai pelepas stress dengan cara melihat cupang di dalam aquarium.

Berkenalan Jenis Jenis Ikan Cupang

Ketiga Jenis-Jenis Ikan Cupang


Setelah kita ketahui bahwa jenis-jenis ikan cupang ada tiga. Mari kita mulai bahas ikan cupang jenis yang pertama, yakni ikan cupang aduan. Jenis ikan cupang aduan ini memiliki karakteristik yang membedakannya atas ikan cupang hias. Jidat yang dimiliki ikan cupang ini mirip jidat arwana, sisik yang dimiliki cupang aduan juga kecil-kecil namun tebal. Jari dari sirip ekor ikan cupang sangat rapat dan apabila anda memerhatikannya benar-benar, akan ada cekungan mulai ujung badan hingga perut. Ikan cupang jenis ini biasanya lebih banyak diminati oleh golongan anak-anak. Karena anak-anak biasanya suka mengadukan sesuatu.

Jenis-jenis ikan cupang yang kedua adalah ikan cupang liar. Pada kenyataanya, semua ikan cupang itu berasal dari ikan cupang liar. Namun karena ikan-ikan tersebut tidak ada hak milik. Maka mereka hidup secara liar. Kebanyakan orang-orang lebih memilih membelinya karena selain mudah, kita tidak perlu bersusah payah untuk mencarinya. Sehingga ikan cupang liar sedikit yang meminatinya. Kemudian, yang ketiga, adalah ikan cupang hias. Ikan jenis ini paling banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Sebab ikan ini memiliki sirip yang luar biasa indahnya. Hal ini tidak dipunyai oleh ikan cupang aduan.

Terdapat beberapa jenis-jenis ikan cupang hias yang ada. Dan saat ini total ada lima jenis ikan cupang hias yang diketahui. Pertama, halfmoon. Ikan cupang hias jenis halfmoon memiliki karakteristik yang menonjol yakni siripnya apabila anda lihat dari samping akan terlihat seperti setengah lingkaran. Warna dari ikan cupang halfmoon juga beragam, ada orange, kuning, merah dan lain - lain. Kedua, adalah crown tail. Ikan cupang hias jenis ini merupakan hasil jerih payah persilangan breeder Indonesia. Sirip yang dimiliki ikan jenis ini mirip dengan layar yang sedang robek. Namun disitulah letak keindahan dari ikan cupang crown tail.

Ketiga adalah ikan cupang hias double tail. Ikan cupang ini termasuk jenis yang langka. Ciri-ciri ikan ini adalah memiliki sirip ekor yang terbelah dua dan sirip samping yang sama panjang antara sisi atas dan bawah. Keempat, ikan cupang hias giant. Ikan cupang ini adalah hasil karya persilangan para breeder thailand. Ikan jenis ini merupakan jenis cupang terbesar bahkan bisa mencapai 12 cm panjangnya. Kemudian yang kelima, ikan cupang plakat. Ikan ini adalah ikan persilangan dari ikan cupang liar dan ikan cupang aduan. Ikan cupang jenis ini juga dari breeder thailand. Nah, itulah sedikit informasi mengenai jenis - jenis ikan cupang. semoga bermanfaat!

Baca Juga:  Beberapa Jenis Ikan Discus Cantik Menawan

Subscribe to receive free email updates: