10 Menu Makanan Sehat Untuk Diet Alami dan Bergizi

Salah satu kendala diet sehat adalah godaan makanan di sekeliling kita. Makanan-makanan yang tampak lezat, namun kurang sehat, sering terlihat di mana-mana, dan menjadikan pelaku diet sering kesulitan mengontrol keinginannya untuk menyantap makanan-makanan tersebut. Dalam kesempatan kali ini sahabat Nirwana Nusantara tidak usah bingung lagi, menu makanan sehat untuk diet apa yang harus sahabat santap.

10 Menu Makanan Sehat Untuk Diet Alami dan Bergizi


Sebenarnya, diet bukan berarti mengurangi atau malah tidak makan sama sekali. Anda tetap bisa makan dalam porsi biasa, namun harus lebih cermat dalam memilih makanan. Untuk itu, berikut ini 10 menu makanan sehat untuk diet yang dapat Anda pilih untuk tetap menjaga program diet sehat Anda.

Air Putih


Sebelum makan, minumlah segelas air putih. Umumnya, dengan meminum segelas air putih sebelum makan akan dapat menekan nafsu makan Anda.

Sayur-sayuran hijau


Sayuran hijau, semisal sawi atau bayam, adalah makanan yang rendah kalori. Karenanya, Anda bisa makan sayuran  semacam itu dalam jumlah besar tanpa khawatir menjadi gemuk. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh.

Kaldu Sayuran


Biasanya, orang menambahkan penyedap rasa MSG untuk menambah citarasa makanan. Namun, jika Anda ingin mendapat citarasa yang lebih baik dan lebih sehat, jangan gunakan MSG, tapi konsumsilah kaldu sayuran sebagai gantinya. Selain memberi citarasa pada makanan, kaldu sayuran juga lebih menyehatkan sekaligus lebih mengenyangkan.

Tahu


Tahu adalah makanan olahan yang mengandung banyak protein dan serat. Sebuah penelitian menyebutkan, wanita yang memiliki berat badan berlebih akan makan malam lebih sedikit setelah makan tahu. Untuk menjaga diet Anda, konsumsilah tahu alami, tanpa tambahan lain seperti gula, karena tambahan itu justru akan mengacaukan program diet Anda.

Kalkun


Meski mungkin terlihat seperti daging yang kaya lemak, namun kalkun juga mengandung asam amino triptopan yang akan menghasilkan serotonin di otak. Serotonin itu akan membuat penyantapnya merasa kenyang. Namun, meski begitu, Anda harus tetap hati-hati dengan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Seperti yang kita ketahui apapun itu yang berlebihan pasti tidak baik.

Gandum


Gandum, sebagai makanan yang kaya serat, akan dapat mengurangi nafsu makan dan berat badan. Selain gandum, untuk meningkatkan kadar serat, Anda juga bisa mengonsumsi blueberry dan stroberry.

Apel


Apel adalah buah terkenal, tidak hanya enak tapi juga menyehatkan. Selain kaya serat, apel juga menyegarkan sekaligus mengenyangkan. Artinya, jika Anda mengonsumsi apel, dan kemudian merasa kenyang setelah menyantapnya , maka nafsu makan Anda pun otomatis akan berkurang.

Protein Kocok 


Anda bisa menikmati jus yang enak sekaligus sehat, dengan cara yang mudah. Ambil sesendok protein, dan blender bersama segelas susu almond. Tambahkan es batu secukupnya, dan Anda bisa menikmati jus sehat yang akan mendukung program diet Anda.

Asinan


Dalam semangkuk asinan hanya mengandung sekitar 50 kalori. Artinya, makanan segar ini termasuk rendah kalori, dan Anda tak perlu khawatir menikmatinya. Namun, sebaiknya jangan membeli asinan yang mengandung pewarna buatan, karena bisa membuat Anda makan berlebihan sebab warnanya yang terlalu menarik.

Kacang Almond


Kacang almond bisa dijadikan camilan sehat selama Anda menjalani program diet. Kacang almond mengandung asam amino yang akan memberikan sekresi hormon kolesistokinin (CCK) di dalam saluran pencernaa. Hormon CCK itu juga akan membuat Anda merasa kenyang.

Nah demikanlah sahabat Nirwan Nusantara 10 menu makanan sehat untuk diet yang bisa sahabat jadikan pilihan untuk memulai diet sehat tanpa mengurangi porsi makan.

Subscribe to receive free email updates: