5 Ciri Ciri Umum Kekurangan Gizi dan Nutrisi


Ciri Ciri Kekurangan Gizi - Orang bertubuh kurus tidak berarti pasti kekurangan gizi, sebagaimana orang bertubuh gemuk juga tidak berarti telah mendapatkan gizi yang cukup. Kenyataannya, kekurangan gizi dan nutrisi adalah keadaan ketika tubuh seseorang tidak memperoleh asupan gizi yang mencukupi untuk menunjang kesehatan dan aktivitasnya, dan itu terlepas apakah dia kurus atau gemuk.

Dengan kata lain, orang dengan berat badan normal, kurus, atau gemuk, bisa masuk kategori kurang nutrisi dan gizi jika asupan makanannya tidak mengandung gizi yang seimbang. Berikut ini tanda umum bila tubuh mengalami kurang gizi dan nutrisi, yang bisa kita perhatikan.

1. Tulang Rapuh

Tulang rapuh merupakan ciri tubuh yang mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, yaitu vitamin A, C, D, K, kromium, zinc, serta magnesium.

2. Kram

Krap pada beberapa bagian otot, apalagi dengan intensitas yang cukup sering, bisa menandakan bahwa tubuh kekurangan mineral seperti kalsium, kalium, serta magnesium, yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan otot.

3. Rambut Rontok

Seringnya mengalami rambut rontok tidak sebatas hanya masalah perawatan kecantikan, karena bisa pula menjadi tanda bahwa tubuh kurang nutrisi berupa vitamin B12, B6, serta B5, juga kekurangan zat semacam klorin dan biotin.

4. Kulit Kusam dan Kriput

Masalah kulit keriput memang berkaitan dengan usia. Namun, ada kalanya orang yang secara usia belum bisa dibilang tua, tapi kulitnya sudah terlihat kusam dan keriput, serta mengalami masalah kulit lainnya. Hal semacam itu bisa menjadi penanda kekurangan vitamin A, C, B, E, selenium, seng, juga asam lemak, omega-3.

5. Masalah Pencernaan

Sering mengalami masalah pencernaan semacam diare, kembung, sembelit, atau maag, bisa jadi merupakan tanda kekurangan nutrisi semacam seng, selenium, magnesium, vitamin B-kompleks, vitamin K, C, D serta E.

Itulah beberapa ciri ciri kekurangan gizi dan nutrisi yang patut Anda waspadai, jadi selalu penuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan-makanan sehat dan bergizi.

Subscribe to receive free email updates: