6 Makanan yang Menyehatkan Ginjal

6 Makanan yang Menyehatkan Ginjal
Makanan yang Menyehatkan Ginjal - Seperti organ dalam lain semisal jantung dan hati, ginjal memiliki peran yang cukup besar dalam tubuh kita. Karenanya, ginjal yang sehat sama berharganya dengan jantung atau hati yang sehat. Agar ginjal kita senantiasa dalam keadaan bagi dan sehat, kita bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Berikut ini di antaranya.

1. Paprika merah

Paprika merah mampu menjaga kesehatan ginjal, karena membantu proses pemecahan limbah makanan yang tersisa dalam tubuh.

2. Putih telur

Putih telur mengandung protein dan rendah fosfor, yang baik dalam mendukung kesehatan ginjal. Namun, jika memakan telur untuk tujuan kesehatan ginjal, sebaiknya hanya konsumsi bagian putihnya, dan buang bagian kuningnya.

3. Kubis

Kubis mengandung phytochemical yang ampuh mencegah radikal bebas penyebab penyakit dan kulit keriput. Mengonsumsi kubis mentah bisa membantu menjaga kesehatan ginjal Anda.

4. Kembang kol

Kembang kol mengandung indole, glucosinolate, dan thiocyanate, yang berfungsi menyingkirkan racun dari dalam tubuh. 

5. Ikan

Ikan, khususnya yang mengandung lemak omega-3, sangat baik untuk kesehatan ginjal, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, ikan juga kaya protein yng dibutuhkan oleh tubuh.

6. Jus

Mengonsumsi jus, entah jus buah atau jus sayuran, dapat membantu proses pemecahan limbah makanan dalam tubuh. Sayur memiliki fungsi dialisis atau pencuci darah yang baik, sementara buah memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh. Karenanya, ketika buah atau sayur dikonsumsi dalam bentuk jus, keduanya memiliki manfaat, khususnya bagi ginjal.

Sudah pasti 6 makanan yang menyehatkan ginjal diatas sangat bermanfaat bagi Anda bila rutin di konsumsi. Maka selamat mencobanya.

Subscribe to receive free email updates: