10 Obyek Wisata Paling Mempesona di Papua

Papua yang merupakan pulau paling timur di Indonesia ini mempunyai alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Selain itu, Papua juga memiliki kearifan budaya lokal yang masih terjaga. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Papua yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. Danau Sentani

Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau yang paling besar di wilayah Papua dengan luas kurang lebih 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Anda dapat melakukan banyak hal di sini seperti berenang, memancing, atau berkeliling danau menggunakan perahu sewaan. Apabila berkunjung saat pertengahan bulan Juni, maka Anda dapat menikmati Festival Danau Sentani yang menyajikan beragam pertunjukkan seni serta budaya Papua. Berbagai kuliner khas Papua juga dapat Anda nikmati di sini.

2. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon atau yang disebut dengan Pantai Pasir Panjang terletak di Teluk Wondama dengan garis pantai yang mencapai 6 km. Anda dapat melakukan beberapa hal seperti menyelam, berenang, snorkeling, dan memancing. Anda juga dapat mengunjungi hutan bakau yang berada di pesisir lain atau ke padang alang – alang untuk melihat burung rusa.


3. Tugu MacArthur

Tugu MacArthur

Tempat wisata yang berada di ketinggian 325 meter di atas permukaan laut ini menjadi saksi kejayaan bagi Jenderal Douglas MacArthur yang membuat strategi pada beberapa perang besar. Tugu dengan tinggi 3 meter ini didominasi oleh warna kuning dan hitam yang bertuliskan tentang sejarah Jenderal Douglas MacArthur dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

4. Danau Paniai

Danau Paniai

Danau yang terletak di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar ini dikatakan sebagai danau terindah pada saat Konferensi Danau Se-Dunia yang diadakan di Negara India tanggal 30 November 2007 yang diikuti oleh 157 negara. Danau ini menjadi salah satu penghasil ikan air tawar yang paling besar di Papua. Fasilitas yang tersedia terbilang cukup lengkap seperti pemandu, sewa perahu dan alat pancing, pos jaga, hingga warung makan.


5. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek

Desa Sauwandarek yang masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat atau tepatnya di Meos Mansar ini hanya ditempati oleh 46 kepala keluarga. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai hal seperti menyelam, snorkeling, serta trekking ke Telaga Yenauwyau yang memiliki air asin dan terdapat penyu putih di dalamnya.

6. Lembah Baliem

Lembah Baliem

Lembah Baliem yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya dan berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut memiliki acara tahunan yakni Festival Lembah Baliem. Festival ini menjadi cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang seringkali terjadi. Di sini juga sering diadakan lomba karapan babi antar desa sera pesta babi bakar.

7. Pantai Bosnik 

Pantai Bosnik

Pantai Bosnik yang berjarak 15 km dari pusat kota Biak ini mempunyai hamparan pasir yang luas dengan air jernih berwarna kebiruan serta deretan pohon kelapa. Anda dapat melakukan berbagai hal seperti bermain voli pantai atau meyewa saung dengan harga 50.000 Rupiah.

8. Pantai Amai

Pantai Amai

Anda dapat berenang, menyelam, bermain voli pantai, snorkeling, atau bersantai di gazebo Pantai Amai ini. Anda juga dapat menginap di tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Pantai yang berada di Distrik Depapre atau 2 jam dari Jayapura ini memiliki medan perjalanan yang cukup berat yakni naik turun dan berkelok.


9. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman nasional yang memiliki luas 1.453.500 hektar ini merupakan kawasan konservasi laut terluas dan terbesar di Indonesia. Alam bawah lautnya menyimpan 196 jenis moluska, 209 macam ikan, kura – kura, penyu, hiu, serta lumba – lumba. Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 1993 memiliki beberapa pulau di dalamnya seperti Pulau Mioswaar, Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi serta banyak yang lainnya. Taman nasional yang juga menjadi pusat penelitian whale shark atau hiu paus ini secara administratif terletak di dua kabupaten yakni Wondama dan Nabire.

10. Raja Ampat

Raja Ampat

Raja Ampat adalah nama yang diberikan untuk keempat pulau indah yang berasal dari mitos lokal, yakni Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Pulau ini memiliki 1.511 spesies ikan, 540 jenis karang, dan 700 jenis moluska. The Nature Conservancy dan Conservation International juga mengungkapkan bahwa 75% spesies laut di seluruh dunia dapat ditemukan di kepulauan Raja Ampat.

Subscribe to receive free email updates: