10 Sumber Makanan Terbaik Untuk Mencegah Jerawat

Jerawat adalah jenis penyakit pada wajah yang sudah sangat populer karena pengaruhnya yang sangat buruk terhadap kecantikan. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari pola hidup, faktor keturunan, tingkat stress, kadar gula, diet yang buruk, polusi udara, hingga sistem metabolisme yang buruk.

Banyak orang yang rela menyiapkan anggaran berlebih hanya untuk melakukan perawatan terhadap jerawat ini. Namun jangan salah, karena perawatan dari dalam merupakan kunci utama dalam menghadapi jerawat. Asupan makanan sangatlah berperan penting terhadap kesehatan kulit seseorang.

10 Sumber Makanan Terbaik Untuk Mencegah Jerawat

Berikut jenis makanan untuk mencegah jerawat yang sebaiknya mulai Anda pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam diet sehari-hari.

Beras Merah

Kandungan serat yang tinggi di dalam beras merah mampu mengurangi penyerapan gula di dalam karbohidrat dan mengganggu proses penyerapan lemak yang ada di dalam makanan. Hal ini kemudian bisa membantu untuk mencegah pertumbuhan jerawat secara terus menerus.

Bawang Putih

Konsumsi dari bawang putih sangat memungkinkan untuk mengatasi jerawat karena sifat anti bakterinya. Namun sayangnya, aroma yang menyengat dari bawang putih membuat kita menghindarinya. Padahal, bawang putih memiliki kemampuan yang luar biasa dalam melawan bakteri penyebab jerawat.

Air Putih
Konsumsi 2 liter air setiap harinya akan berdampak luar biasa terhadap kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Air putih memiliki manfaat dalam mengatur tingkat keasaman di dalam tubuh, melancarkan metabolisme, dan mencerahkan kulit sehingga bisa terbebas dari jerawat.

Bayam
Bayam sangat kaya dengan klorofil dan zat besi yang mampu membersihkan racun yang ada di dalam aliran darah dan saluran pencernaan. Perlu dipahami bahwa racun-racun inilah yang sebenarnya menjadi limbah di dalam tubuh yang kemudian memicu munculnya jerawat. Nah, jika racun-racun tersebut bisa dibuang secara maksimal, maka pertumbuhan jerawat pada wajah kamu bisa lebih terkontrol.
Selain itu, bayam juga memiliki vitamin E dan protein yang membantu untuk mencegah peradangan jerawat. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan produksi kolagen yang akan membuat kulitmu terlihat lebih segar dan kencang. Rasanya yang gurih dan agak manis membuat bayam sangat cocok dijadikan sebagai campuran salad atau sayur.

Brokoli

Makanan untuk mencegah jerawat selanjutnya adalah brokoli karena kaya dengan beta karoten. Kandungan ini bisa membantu untuk menyehatkan kulit dari dalam, sehingga pertumbuhan jerawat juga bisa lebih terkontrol.

Air Kelapa

Konsumsi dari air kelapa muda bisa menetralisir racun di dalam darah yang sekaligus menjadi anti bakteri, anti oksidan, dan juga anti jamur. Untuk itu, konsumsilah air kelapa jika kamu ingin terbebas dari jerawat.

Kakao
Buah kakao bisa mencegah jerawat dengan cara melawan tingkat keasaman tubuh. Selain itu, kakao juga mengandung zat yang bisa mencegah terjadinya peradangan dan memperlancar sirkulasi darah sehingga wajah kamu bisa terlihat lebih cerah bersinar. Buah kakao tidak mengandung gula sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Beri
Buah jenis beri memiliki sifat anti oksidan yang bisa dimanfaatkan untuk melawan jerawat. Kandungan anti oksidan dari buah beri ini mampu untuk menjaga kulit dari berbagai kerusakan, termasuk peradangan. Kamu bisa mengkonsumsi blueberry atau strawberry secara langsung maupun dengan mengolahnya sebagai jus.

Jus Lemon

Selain baik bagi kesehatan tubuh, jus lemon juga mampu menjaga kecantikan kulit dengan membersihkan pori-pori sehingga menjaganya tetap sehat dan bersih. Hal ini sangat membantu untuk melindungi kamu dari jerawat.

Ikan Salmon

Dari berbagai jenis ikan, salmon merupakan pilihan terbaik karena kandungan asam omega 3 nya yang begitu tinggi. Konsumsi ikan salmon secara rutin bisa membantu untuk menstabilkan hormon dan juga mood mengingat saat kamu berada pada tingkat stress yang tinggi, maka wajahmu akan mudah untuk ditumbuhi oleh jerawat.

Kandungan omega 3 di dalam ikan salmon ini juga bisa mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori dan merawat kulit kering. Selain itu, kandungan proteinnya yang tinggi merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam memproduksi kolagen di dalam tubuh sehingga proses penuaan kulit bisa diperlambat kedatangannya.

***

Nah, itulah beberapa makanan untuk mencegah jerawat yang sebaiknya mulai kamu konsumsi setiap harinya. Sebelum jerawat menghampiri Anda, ada baiknya Ketahuilah 4 Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya. Selain mencegah jerawat, makanan ini juga membantu untuk merawat kesehatan kulit kamu secara keseluruhan.

Subscribe to receive free email updates: