Inilah 10 Obyek Wisata Paling Terkenal di Bekasi

Bekasi merupakan salah satu kota penyanggah ibu kota yang memiliki banyak kawasan hunian dan juga industri. Namun, Bekasi juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik jika dibandingkan dengan kota lainnya. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Bekasi yang wajib dikunjungi:


1. Klenteng Hok Lay Kiong

Klenteng Hok Lay Kiong

Klenteng Hok Lay Kiong yang menjadi salah satu klenteng tertua di Bekasi ini digunakan sebagai tempat sembahyang bagi umat Kong Hu Cu, Buddha, dan Taoisme serta menjadi tempat wisata di Bekasi yang ramai dikunjungi. Anda dapat berkunjung ke tempat wisata ini saat perayaan imlek karena terdapat upacara penyucian patung dewa, karnaval barongsai, serta ritual Tabur Sial.

2. Wisata Rumah Pohon

Wisata Rumah Pohon

Wisata Rumah Pohon menyediakan rekreasi alam untuk anak – anak maupun dewasa serta beragam permainan outbound seperti wall climbing, flying fox, paintball, hingga kolam tangkap ikan dan arena balita. Wisata Rumah Pohon yang berada di Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi ini memiliki fasilitas pendukung seperti mushola, toilet, dan foodcourt.

3. Hutan Kota

Hutan Kota

Obyek wisata di Bekasi ini mulai dibuka pada tahun 2012 dan mempunyai luas sekitar 2 hektar. Di sini, terdapat banyak pepohonan serta udara yang relatif sejuk. Kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini antara lain bersepeda, piknik, serta melihat penangkaran burung merpati dan kutilang.

4. Gedung Juang 45

Gedung Juang 45

Gedung Juang 45 merupakan saksi perjuangan rakyat Bekasi dalam melawan penjajah. Namun Gedung Juang 45 tidak sepenuhnya digunakan sebagai tempat wisata karena juga merupakan gedung perkantoran pemerintah kabupaten Bekasi. Gedung ini sebelumnya juga telah beberapa kali beralih fungsi mulai dari markas TNI, gedung perkuliahan, hingga kantor legium veteran.

5. Saung Ranggon

Saung Ranggon

Saung Ranggon yang berukuran 7,6 x 7,2 meter ini adalah sebuah rumah panggung kuno yang terletak di Desa Cikedokan, Cikarang Barat. Meski sudah direnovasi beberapa kali, namun sebagian besar bangunan serta ornamennya masih asli. Tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata, Saung Ranggon juga menjadi tempat ‘mencari berkah’ bagi banyak orang dengan membawa sesajen.

6. Danau Cibeureum

Danau Cibeureum

Danau seluas 2 hektar ini mempunyai sebuah pulau kecil di tengahnya yang ditumbuhi oleh sebuah pohon besar. Anda dapat melakukan beberapa hal seperti hunting foto, memasang tenda, atau menggelar tikar. Fasilitas di danau ini sudah lumayan lengkap mulai dari warung makan, toilet, toko suvenir, hingga bangku yang menghadap ke arah danau.


7. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting yang juga merupkan cagar alam dari hutan bakau serta beberapa satwa seperti buaya rawa dan lutung hitam ini mempunyai pasir berwarna putih kecoklatan yang landai. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini ialah antara bulan September hingga Februari karena saat itu sedang terjadi perpindahan burung dari wilayah Pasifik ke arah daratan Cina dan kemudian singgah untuk sementara di cagar alam ini.


8. Danau Marakas

Danau Marakas

Danau Marakas yang berada di Pondok Ungu, Bekasi Utara salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan banyak keluarga dalam menghabiskan akhir pekannya. Tidak hanya menikmati pemandangan danau, Anda juga dapat melakukan kegiata lainnya seperti mencicipi kuliner di deretan warung sekitar, memancing, atau berburu suvenir.

9. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya adalah tempat untuk penangkaran buaya yang berada tepat di Jalan Raya Serang Cibarusah, di Desa Sukaragam. Tempat wisata yang didirikan pada tahun 1990 ini memiliki 5 kolam besar yang setiap kolamnya dapat menampung 100 ekor buaya. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai hal seperti melihat pertunjukan debus Banten, memetik buah sawo langsung dari pohonnya, atau mengajak anak untuk bermain di arena permainan seperti jungkat – jungkit, ayunan, hingga papan seluncur.

10. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang merupakan wahana permainan air yang lengkap dengan beberapa fasilitas seperti kolam dewasa, kolam anak – anak, dan kolam arus. Anda juga dapat membeli jus di Juice Stasion tanpa harus keluar dari air. Di sini juga tersedia fasilitas lain seperti foodcourt, kolam terapi ikan, serta spa.

Subscribe to receive free email updates: