Keindahan 10 Obyek Wisata Yang Terkenal di Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibu kota Provinsi Riau yang sangat kental dengan budaya Melayu. Di sepanjang jalan, Anda dapat melihat banyak perempuan yang menggunakan baju kurung khas Melayu. Pekanbaru juga memiliki tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi saat berada di kota ini :

1. Danau Buatan Lembah Sari


danau buatan lembah sari

Danau yang berada di Desa Limbungan atau 10 km dari pusat kota Pekanbaru ini merupakan sebuah bendungan irigasi yang digunakan untuk mengaliri sawah milik warga setempat. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan, memiliki banyak pepohonan, serta udara yang sejuk. Anda dapat melakukan beberapa hal seperti piknik dan menggelar tikar serta menyewa perahu dayung atau sepeda air untuk mengelilingi danau.

2. Pasar Bawah

Pasar Bawah

Bangunan pasar tradisional tertua di Pekanbaru ini merupakan perpaduan dari budaya Melayu dan Tionghoa yang terdiri dari empat lantai. Di sini, Anda dapat membeli berbagai karpet dari Timur Tengah, keramik dari Cina, serta barang elektronik secondhand dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Anda juga dapat membeli berbagai camilan khas Pekanbaru seperti ikan salai, lempuk durian, dodol kedondong, serta cokelat dan permen dari negeri tetangga.

3. Dekranasda Pekanbaru

Dekranasda Pekanbaru
jalanblog.wordpress.com

Dekranasda atau Dewan Kerajinan Nasional Daerah merupakan tempat wisata belanja oleh – oleh khas di Pekanbaru. Di sini, Anda dapat membeli beragam suvenir untuk oleh – oleh seperti kain songket, batik, tenun, serta berbagai kerajinan tangan khas Melayu. Barang – barang tersebut dibanderol dengan harga yang beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

4. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim
kelilingriau.blogspot.com

Kebun binatang yang memiliki luas 10 hektar ini mempunyai banyak koleksi binatang seperti monyet, ular, burung, landak, dan masih banyak lagi. Di sini juga tersedia arena permainan anak seperti ayunan, papan seluncur, kolam pemancingan, serta kolam renang anak. Anda dapat memasuki kawasan ini dengan membayar tiket sebesar 20.000 Rupiah untuk dewasa dan 10.000 Rupiah untuk anak-anak.

5. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Tempat wisata ini adalah merupakan sisa dari peninggalan Kesultanan Siak, yakni kerajaan Islam yang paling besar di Riau pada abad ke-16 hingga ke-20. Bangunan yang mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Melayu ini memiliki dua lantai. Beberapa koleksi yang ada di istana ini antara lain adalah patung perunggu Ratu Wilhelmina, patung Sultan Syarif Hasyim I, gendang berusia lebih dari 200 tahun, serta lukisan Napoleon Bonaparte pada lantai keduanya.

6. Masjid Senapelan

Masjid Senapelan
wisatamelayu.com

Masjid yang dibangun pada tahun 1762 ini merupakan salah satu masjid tertua di Riau. Masjid ini awalnya merupakan sebuah sumur tua yang airnya dianggap dapat menyembuhkan beragam macam penyakit. Namun, sumur ini sekarang telah ditutup karena sejumlah alasan tertentu.

7. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur

Masjid yang juga disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru ini terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau yang dapat menampung sebanyak 4.500 orang jamaah dan mempunyai 5 buah kubah serta empat menara. Masjid yang memiliki fasilitas free WiFi di ini seringkali dijadikan sebagai lokasi ngabuburit saat bulan Ramadhan. Sembari menunggu waktu berbuka, Anda dapat membeli beragam kuliner serta aksesoris seperti tasbih, kopiah, parfum, dan lain – lain.

8. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan yang namanya didapatkan dari seorang novelis asal Riau bernama Soeman H.S. ini memiliki bentuk seperti sebuah rehal atau papan alas untuk membaca Al Quran. Perpustakaan ini terdiri dari enam lantai dan mempunyai beragam fasilitas pendukung seperti mushola, kantin, kafe, ruang pertemuan, hingga auditorium.

9. Riau Fantasi

Riau Fantasi

Tempat wisata yang mempunyai luas sekitar 6,5 hektar merupakan taman rekreasi terlengkap dan terbesar di Sumatera. Di wahana permainan air, terdapat beberapa jenis kolam serta papan seluncur air, misalnya saja Adventure Pool. Sementara pada wahana keringnya, terdapat sejumlah permainan yang menguji adrenalin, diantaranya adalah kora-kora, wave blaster, sky tower, speedy coaster, family swinger, komedi putar, dan kereta wisata. Di tempat wisata ini juga terdapat fasilitas tambahan lainnya seperti toilet, mushola, kafetaria, gazebo, dan free WiFi.

10. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang

Tempat wisata yang dikelilingi oleh perbukitan ini memiliki tiga buah kolam pemancingan yang sering dijadikan sebagai lokasi pertandingan memancing. Di sini juga terdapat fasilitas lainnya seperti sepeda air, flying fox, bola air raksasa, arena mandi bola, taman bermain anak, studio film 3D, topeng monyet, serta pertunjukan sulap badut yang dapat menghibur Anda beserta keluarga.

Subscribe to receive free email updates: