Jenis Perlengkapan Aquarium Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah anda belum pernah memiliki aquarium sebelumnya? Apakah anda berniat membangun aquarium? Atau bahkan membeli aquarium? Jika, iya. Posting ini bisa jadi hal yang bermanfaat untuk anda. Seorang pemula biasanya tidak tahu apa yang harus dilakukan pada permulaan? Langkah awal selalu diawali dengan sebuah observasi.

Jenis Perlengkapan Aquarium Yang Perlu Anda Ketahui

Mereka mengumpulkan berbagai macam informasi, kemudian mengolah informasi-informasi tersebut hingga informasi yang telah anda dapatkan bisa berguna untuk apa melangkah ke dalam tahap selanjutnya. Disini sebagai awal, anda wajib mengetahui jenis perlengkapan aquarium.


Beberapa Jenis Perlengkapan Aquarium


Jenis perlengkapan aquarium itu ada berbagai macam. Disini akan disebutkan secara satu persatu perlengkapan yang harus ada di dalam aquarium. Pertama, filter. Tugas dari filter sangat penting. Karena filter adalah penguasa gerbang. Maksudnya, sirkulasi akan berfokus pada filter.

Sirkulasi aquarium merupakan perputaran air di dalam aquarium. Dengan adanya filter, kotoran-kotoran serta zat berbahaya lainnya akan tersaring oleh filter. Sehingga ikan-ikan hias kesayangan anda nantinya akan aman dan hidup dengan nyaman.

Filter terbagi menjadi bagian. Pertama, filter mekanis. Kedua, filter biologis. Dan ketiga, filter kimia. Namun, biasanya cukup dua filter saja, yakni filter mekanis dan juga biologis. Filter mekanis hanya melakukan penyaringan terhadap benda-benda ataupun kotoran padat.

Filter biologis berfungsi menyaring sekaligus mengkonversi zat berbahaya seperti amoniak menjadi zat nitrat yang baik bagi kehidupan tanaman di dalam aquarium anda. Di dalam filter biologis perlu media seperti bio ball, bio ring atau media lainnya sebagai tempat hidup bakteri yang berperan dalam konversi amoniak menjadi zat nitrat. Jangan pernah melupakan filter karena ini salah satu jenis perlengkapan aquarium yang terpenting.

Jenis perlengkapan aquarium selanjutnya adalah aerator. Aerator itu sebuah alat yang mana bisa menghasilkan gelembung-gelembung oksigen mini. Gelembung yang kian kecil, air akan lebih mudah menyerap kandungan oksigen di dalamnya.

Oksigen disini sangat penting. Sebab terlalu banyak karbon dioksida di dalam air akan membuat ikan-ikan and lebih sering naik ke permukaan mencari oksigen. Dan itu bisa berakibat buruk bagi kelangsungan hidup sang ikan. Aerator juga mampu membawa hawa panas air keluar menuju ke permukaan. Sehingga panas air di dalam aquarium stabil dan tidak berlebih.

Lampu juga merupakan jenis perlengkapan aquarium yang utama. Lampu memiliki peranan penting di dalam aquarium untuk ikan hias. Namun, faktor lampu akan menjadi lebih penting ketika itu untuk kebutuhan aquascape.

Dengan pencahayaan yang baik dan tepat, keindahan dari aquascape akan mampu tersorot secara sempurna. Pengetahuan yang anda butuhkan untuk lighting aquasape juga lebih intens, berbeda jika hanya lighting untuk ikan hias saja.

Apalagi lampu yang ber ultra violet, bisa mengurangi pertumbuhan bakteri yang bisa mengganggu. Itulah beberapa jenis perlengkapan aquarium. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tips Memilih Filter Aquarium Yang Baik

Subscribe to receive free email updates: