Langkah Mudah Budidaya Jagung Manis Terbaik

Jagung manis adalah jenis sayuran yang laris manis di pasaran. jagung manis bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mulai dari sayur asem, bakwan dan kue. Jagung manis juga bisa dikonsumsi baik dibakar di kukus dan lainnya.

Langkah Mudah Budidaya Jagung Manis

Mengingat banyaknya olahan dari jagung manis ini, tentunya jagung manis bisa di buat menjadi salah satu peluang untuk usaha budidaya jagung manis. Bagaimana cara untuk membudidayakannya ? simak uraian berikut ini.

Persiapan Budidaya Jagung Manis

Untuk tahap persiapan budidaya jagung manis anda perlu memilih benih jagung manis yang berkualitas. Benih jagung yang berkualitas bisa anda lihat dari varietas jagung tersebut, bagaimana anakan jagung tersebut, hasil panen, serta apakah ada cacat atau tidaknya.Setelah itu siapkan lahan untuk ditanami jagung manis.

Untuk persiapan lahan ini pertama cangkul lahan yang ada hingga gembur, kemudian diamkan. Bersihkan lahan dari gulma dan berbagai macam semak lainnya. Jika tanah tersebut memiliki kadar asam yang tinggi dengan ph kurang dari 5 gunakanlah dolomite dengan takaran 1 ton untuk 2 hektar tanah. Selain itu gunakan pupuk kandang untuk nutrisi. Kemudian buatlah lubang dengan kedalaman 4- 5 cm untuk menanam jagung manis.

pengolahan lahan untuk budidaya jagung manis sangat penting dilakukan. Budidaya jagung manis tidak akan berhasil dengan baik jika lahan yang akan dipersiapkan untuk menanam tidak sesuai dengan kondisi yang ada. Setelah lahan siap, waktunya anda menanam jagung manis.

Cara menanam jagung manis pda dasarnya sangat sederhana. Anda hanya perlu memasukkan jagung manis tiap butir pada lubang yang telah anda baut selanjutnya. Ingat satu lubang dengan satu butir jagung manis. Sebaiknya dalam menanam jagung manis dilakukan saat musim hujan agar tanaman jagung manis cukup mendapatkan suplai air.

Perawatan Dan Pemeliharaan Jagung Manis

Budidaya jagung manis tak akan lepas dari perawatan dan pemeliharaan hingga jagung mencapai masa panen. Perawatan jagung manis yang paling mudah adalah dengan menyaingi gulma yang menyerang tanaman, selain itu anda juga harus melakukan pemupukan pada tanaman jagung agar tumbuh dengan optimal.

Setelah berusia satu bulan, sebaiknya dilakukan pembubunan agar batang jagung tidak mudah roboh. Setelah melakukan pembubunan, anda juga harus rajin untuk melakukan penyiraman pada jagung manis. Apalagi jika di musim kemarau.

Hal terakhir yang perlu di perhatikan dalam budidaya jagung manis adalah saat musim panen tiba. Sebelum panen umumya jagung membutuhkan satu kali lagi pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk susulan.

Umumnya jagung memiliki masa panen berbeda beda tergantung jenisnya dan bibitnya. Umumnya jagung panen pada usia 60 hari hingga 150 hari tergantung banyak faktor, seperti cuaca, suhu, kettinggian tanah, varietas dan lain lain.

Subscribe to receive free email updates: