Teknik Budidaya Bebek Pedaging Terbaik 2016

Bebek pedaging merupakan ternak yang memiliki peluang usaha yang sangat baik saat ini. Pasalnya bebek pedaging kini banyak di cari orang untuk konsumsi restoran dan olahan kuliner lainnya.

Budidaya bebek pedaging merupakan peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah. Dengan maraknya kuliner bebek tentunya membuat nama bebek pedaging ini akan semakin terkenal.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika anda ingin beternak bebek pedaging dan memiliki bebek yang gemuk.

Teknik Budidaya Bebek Pedaging Terbaik 2016

Trik Budidaya Bebek Pedaging Cepat Besar

Dalam budidaya bebek pedaging hal yang perlu anda perhatikan pertama kali adalah bagaimana bebek yang anda miliki cepat tumbuh besar. Oleh karena itu penggemukan bebek menjadi langkah yang paling tepat. Penggemukan ini tak akan terjadi tanpa adanya pakan bebek yang tepat. Pemberian pakan bebek pedaging harus benar benar diperhatikan.

Pasalnya jenis bebek yang satu ini tak akan tumbuh dengan daging yang gemuk, jika tidak diberikan pakan yang tepat. Kualitas gizi pakan bebek yang tepat akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan bebek sehingga terlihat bongsor dan gemuk.

Budidaya bebek pedaging untuk pemberian pakan bisa membuat sendiri tanpa harus membeli yang sudah jadi. Untuk membuat pakan bebek pedaging bisa dengan membuat racikan dedak atau bekatul di tambah dengan beikot yang di cacah kemudian ditambahkan dengan tepung jagung, tepung cangkang, tepung ikan, tepung bulu unggas dan bisa pula ditambahkan batang pisang, daun mengkudu, daun pepaya, daun daun dari sayuran sebagai tambahan serat.

Membuat pakan sendiri seperti ini lebih murah dan membuat bebek pedaging menjadi semakin sehat di bandingkan dengan membeli pakan yang sudah jadi semacam pellet. Keadaan cuaca dan suhu memang mempengaruhi perkembangan bebek pedaging, oleh karena itu anda perlu memberikannya suplemen yang tepat sehingga bebek semakin sehat.

Suplemen bisa anda buat sendiri dengan memberikan tambahan makanan yang memiliki nilai serat, protein dan karbohidrat yang cukup untuk bebek.

Tips Memilih Bibit Bebek Pedaging

Budidaya bebek pedaging tak akan dilepaskan dari kondisi bibit yang berkualitas. Bibit bebek yang berkualitas bisa anda ketahui sejak awal anda memilih bibit.

Untuk kebutuhan bebek pedaging atau bebek potong, gunakanlah bebek jantan yang sehat dan gemuk. Bebek jantan yang bisa anda pilih adalah anak itik yang jantan, kelebihan bebek jantan adalah pertumbuhannya yang lebih cepat dibandingkan dengan bebek betina. Selain itu bebek jantan harganya lebih murah dibandingkan dengan bebek betina.

Tips Menggemukkan Bebek Pedaging

Hal yang tidak boleh luput dari Budidaya bebek pedaging adalah bagaimana caranya membuat bebek cepat gemuk. Untuk menggemukkan bebek perhatikan hal hal berikut ini. Pertama pilihlah bibit bebek yang unggul, hal ini terlihat dari kesehatan dan riwayat induk bebek tersebut, komposisi pakan yang seimbang dan sehat, kandang yang nyaman bagi bebek, penyakit yang terkendali, pemeliharaan dengan perawatan dan perawatan pasca panen.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Jagung Manis Terbaik

Subscribe to receive free email updates: