Teknik Budidaya Udang Windu Air Tawar

Budidaya udang windu pada dasarnya sangat mudah. Pemeliharaan yang dilakukan juga sangat mudah. Anda bisa mencoba untuk budidaya udang windu air tawar sehingga bisa dilakukan tanpa harus berdekatan dengan laut.

Teknik Budidaya Udang Windu Air Tawar

Udang windu merupakan peluang usaha yang menggiurkan dibandingkan dengan lele.untuk memeilihara udang windu anda membutuhkan ketelatenan. Tidak ada teknik khusus yang perlu dilakukan. berikut kami berikan saran untuk memelihara udang windu air tawar.

Lokasi Budidaya Udang Windu Air Tawar

Lokasi budidaya udang windu air tawar cukup menentukan untuk pertumbuhan udang tersebut. Lokasi yang paling cocok untuk budidaya pada dasarnya adalah dekat pantai.namun anda bisa membuat lokasi dengan ciri tekstur liat atau liat pesisir. hal ini berfungsi untuk menaham air.

Komposisi tekstur tanah terdiri dari lumpur, liat debu atau lumpur berpasir dengan komposisi pasir sendiri tidak lebih dari 20 persen. Jenis perairan yang cocok untuk udang windu adalah adalah 50 meter dari bantaran sungai.

Lokasi budidaya udang windu sebaiknya memiliki air yang cukup untuk kehidupan udang sehingga bisa tumbuh normal sejak ditaburkan hingga panen. Tanggul yang dibuat harus benar benar padat dan kuat, jangan sampai tanggul bocor dan merembes terhadap erosi.

Desain tambak yang di gunakan harus bisa mudah untuk dioperasikan sehari hari sehingga lebih hemat tenaga. Sesuaikan dengan daya dukung lahan yang ada. Jagalah kebersihan dan kesehatan produksi udang tersebut. Pisahkan antara saluran pemasok air dan saluran pembuangan air.

Pemeliharaan Udang Windu Air Tawar

Budidaya udang windu tak bisa dilepaskan dari pemupukan dan pemberian pakan. Pemupukan ini penting karena bertujuan untuk memberikan makanan alami bagi udang seperti kelekap, plankton, bentos dan lumut.

Untuk pemberian pakan sendiri, udang windu pada dasarnya punya pakan alami yang berbeda beda pada tiap periode kehidupannya. Anda bisa memberikan makan udang windu dengan makanan alami dari ternak, seperti burayak tingkat nauplius, yaitu makanan dari cadangan isi kantong telur.

Burayak tingkat zoea, makanya adalah planton nabati seperti diatomaeoae, skeletonema, navicula, amphora dan lain lainnya, dinoflagelata dan lain lain. Udang dewasa makanannya berupa molusca, cacing, annelid dan lain lain, sedang untuk ternak umumnya udang bisa makan makanan yang tumbuh di tambak seperti plankton, lumut dan lain lain.

Selain memberikan pakan alami udang windu, Budidaya udang windu agar lebih praktis juga bisa memberi pakan dengan pakan buatan. Misalnya dengan membuat dedak halus dicampur dengan ikan rucah, bisa pula ditambahi dengan siput, ketam dan udang udangan.

Kulit kerbau atau sisa pemotongan ternak dipotong potong kemudian bisa pula dengan membuat racikan bekicot yang dipecahkan cangkangnya, daging remis atau kerang dan trisipan yang dipecahkan kulitnya terlebih dahulu.

Baca Juga:  Teknik Budidaya Bebek Pedaging Terbaik 2016

Subscribe to receive free email updates: