11 Jenis Umpan Ikan Nila, Mudah Dan Praktis

Untuk dapat memancing dengan baik, maka kita perlu mengenal terlebih dahulu mengenai jenis ikan yang akan kita pancing dan selanjutnya kita dapat menentukan umpan yang akan digunakan. Oleh karena itu, sekarang kita akan membahas mengenai umpan ikan nila yang berkualitas dan tepat sehingga kita tidak terlalu lama menunggu kapan umpan akan dimakan saat memancing.

11 Jenis Umpan Ikan Nila, Mudah Dan Praktis

Ikan nila merupakan ikan yang memiliki nilai toleransi yang cukup tinggi pada kondisi air yang kurang baik sekalipun, sehingga ikan nila bisa hidup dengan normal pada kondisi dimana ikan lain belum tentu dapat hidup pada kondisi air tersebut. Dengan adaptasi ikan nila yang cukup baik, ikan nila ini sebenarnya merupakan jenis ikan yang dapat memakan segala jenis umpan. Namun kita juga perlu melakukan pemilihan dan melihat umpan ikan nila yang benar-benar baik dan tepat.

Ada beberapa jenis umpan ikan nila yang dapat digunakan baik menggunakan pellet yang dapat dibeli di toko-toko, atau dengan membuat campuran antara pellet dengan beberapa adonan tepung dan bisa juga menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dicari dan didapat. Sedikit informasi, ikan nila diketahui menyenangi jenis umpan yang berbau amis.

Hidup ikan nila cenderung menggerombol satu dengan yang lainnya, jadi penggunaan umpan sendiri kita harus bisa menentukan satu titik lokasi memancing kemudian kita dapat menebarkan pellet udang terlebih dahulu untuk memancing gerombolan ikan, setelah ditunggu beberapa saat dan didapati gelembung-gelembung dari dalam air dan menandakan ikan nila sudah bergerombol dibawah dan anda dapat memulai untuk memancing.

Jenis-Jenis Umpan Ikan Nila


Berikut beberapa jenis umpan ikan nila yang pertama dapat digunakan adalah pellet. Umpan dapat menggunakan pellet PF-1000 dicampur dengan air hangat secukupnya diaduk sampai merata (jangan sampai terlalu encer/keras). Selanjutnya bentuk bulat seperti kacang. Bisa juga menggunakan jenis pellet lainnya dan dapat langsung digunakan sebagai umpan ikan nila yang praktis.

Jenis umpan ikan nila lainnya adalah dengan mencampurkan beberapa pellet dengan adonan-adonan tertentu seperti :

• Campuran 1 butir kuning telur ditambahkan pellet 781-2 SP sebanyak ½ gelas dan kapas (agar tidak mudah hancur saat dijadikan sebagai umpan nantinya), tambah air secukupnya dan diaduk, bentuk bulatan kecil sebesar kacang.

• Campuran pellet PF-1000 ½ gelas, pellet 781-2 SP ½ gelas, 1 butir kuning telur, 2 sendok teh madu, air secukupnya campur dan bentuk seukuran kacang.

• Campuran roti keju 2 bungkus, pellet PF-1000 ½ gelas, pellet 781-2 SP ½ gelas, 1 butir kuning telur, 2 sendok teh madu, air secukupnya aduk sampai merata dan bentuk seukuran kacang.

• Campuran ¼ kg tepung roti, ½ kg tepung tapioca, 1 kg udang rebon yang dicuci kering, 2 ekor ikan kembung kukus, 5 butir telor bebek dan 5 sachet vanili aduk secara merata dikukus sampai matang dan bentuk seukuran kacang.

Jenis umpan ikan nila lainnya yang sudah dikenal mujarab adalah menggunakan lumut sebagai umpan ikan nila, ini merupakan jenis umpan yang mudah didapat dan sederhana. Lumut yang digunakan bisa lumut sawah, dipermukaan rawa dan danau, lumut yang hijau dan masih segar. Sebelum digunakan sebaiknya lumut dimasukkan kedalam air secukupnya, ditambah vanili secukupnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan aroma pada lumut dan ikan akan menyukainya. Dan lindungilah lumut dari sinar matahari agar tidak rusak saat dikaitkan dengan mata kail.

Selanjutnya jenis-jenis umpan ikan nila lainnya dan dapat dijadikan sebagai jenis umpan ikan nila yang alami,

• Ulat beras, bila beras yang di desa-desa yang disimpan didalam kuali tanah liat atau gentong, maka seringkali apabila sudah terlalu lama akan membentuk gumpalan dan muncul ulat.

• Cacing, jenis cacing Kristal atau cacing merah cacing kalung dan cacing susu.

• Udang, udang yang hidup di air tawar yang dicampur dengan sedikit essence udang/ pellet udang.

• Ulat belimbing, ulat yang biasanya ada di buah belimbing atau pada daun pisang.

• Laron, laron memang merupakan jenis yang disukai ikan-ikan rawa atau waduk, seperti tempat hidup ikan nila, sehingga bisa juga dijadikan umpan ikan nila yang murah.

• Kupu-kupu, jangkrik atau capung juga dapat digunakan sebagai umpan ikan nila.

Baca Juga: Umpan Ikan Patin Untuk Memikat Sasaran Utama

Subscribe to receive free email updates: