Mengenal Jenis Jenis Ikan Kerapu Lebih Dalam

Wilayah lautan yang dimiliki oleh negara Indonesia jauh lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratan. Dengan kondisi tersebut, sudahlah pasti hasil alam yang dihasilkan dari laut sangatlah melimpah, termasuk jumlah spesies ikan di dalam laut. Salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan diperairan Indonesia adalah jenis ikan kerapu. Jenis jenis ikan kerapu tersebut bisa mencapai spesies dan telah dikelompokkan menjadi 7 genus. Untuk lebih jelasnya, uraian tersebut kami sajikan untuk anda berikut ini.

Mengenal Jenis Jenis Ikan Kerapu Lebih Dalam

Jenis Ikan Kerapu dan Habitatnya


Ikan kerapu merupakan ikan air asin atau ikan laut yang banyak ditangkap oleh pemancing laut atau para nelayan. Jenis jenis ikan kerapu yang pertama yang banyak dan mudah didapatkan adalah kerapu lumpur di mana lokasi tempat ia biasa tinggal adalah di terumbu karang dan juga muara-muara laut berlumpur sehingga nama ikan ini lebih dikenal dengan kerapu lumpur, padahal jika ditilik dari nama ilmiahnya adalah Epinephelus Bleekeri. Untuk informasi tambahan, jika anda berminat ingin membudidayakan ikan kerapu, anda bisa memilih ikan kerapu lumpur karena mudah berkembang biak serta proses berkembangnya cepat.

Kerapu tikus atau kerapu bebek merupakan jenis ikan kerapu yang habitatnya di laguna pantai tepatnya di bagian karang-karang laguna. Jenis jenis ikan kerapu lainnya terkadang memiliki habitat yang banyak, namun tidak dengan jenis ikan kerapu yang satu ini, karena habitat hidupnya yang tidaklah menyebar luas menjadikan ikan kerapu bebek ini banyak dicari dan diminati orang. Seiring dengan maraknya perusakan lingkungan, jenis ikan kerapu bebek pun menjadi berkurang dan tergolong menjadi ikan kerapu yang langka dan untuk mendapatkannya pun dibutuhkan biaya yang tinggi karena harga perkilogramnya bisa mencapai Rp. 500.000,- hingga jutaan rupiah.

Jenis Ikan Kerapu yang Telah Langka


Jenis jenis ikan kerapu tidak semuanya mudah didapatkan karena ada beberapa jenis yang sudah mengalami penyusutan jumlahnya. Salah satu jenis ikan kerapu langka adalah kerapu batik dengan nama ilmiahnya adalah Epinephelus polyphekadion. Pada dasarnya ikan jenis ini mudah untuk dibudidayakan di dalam keramba karena habitat aslinya yang berada di laut terbuka, terumbu karang, laguna dan laut pasang surut.

Jenis jenis ikan kerapu yang masuk dalam daftar ikan langka adalah ikan kerapu macan. Ikan yang memiliki nama ilmiah Epinephelus fuscoguttatus ini memiliki tempat yang sama dengan jenis ikan kerapu lainnya yaitu di lautan lepas, laguna, dan terumbu karang. Ikan kerapu macan dapat tumbuh hingga dewasa dan panjangnya dapat mencapai 2 meter atau lebih. Namun, sangat disayangkan sekali karena ikan jenis kerapu yang satu ini seringkali dirambah dan dirusak habitatnya sehingga mematikan bibit bakal calon kerapu macan.

Baca Juga: 7 Jenis Ikan Air Tawar Aquarium Dengan Pesona Keindahannya

Subscribe to receive free email updates: