Penyebab Gula Darah Tinggi yang Cukup Sederhana


Penyebab Gula Darah Tinggi yang Cukup Sederhana – Gula darah tinggi sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh seseorang, sebab dari tingginya kadar gula darah tersebut Anda akan lebih beresiko terkena penyakit diabetes melitus atau kencing manis.

Meningkatnya kadar gula dalam darah tidak terjadi begitu saja, tetapi ada beberapa kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat memicu naiknya kadar gula darah tersebut. apa sajakah itu? berikut beberapa penyebab gula darah tinggi yang wajib Anda ketahui.

Penyebab Meningkatnya Kadar Gula Darah Kita


1. Sering konsumsi teh manis


Mengonsumsi teh manis di saat Pagi dan Sore hari merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh kalangan masyarakat Indonesia. Akan tetapi dibalik kenikmatan teh manis tersebut, tahukah Anda bahayanya? Teh manis mampu memberikan kalori sebesar 250-350 kalori (tergantung kepekatan), itupun tanpa tambahan gula. Sedangkan kebutuhan gula dalam tubuh manusia 1.900an.

Menurut ahli dari teh manis saja kita sudah mendapatkan jumlah 1.100-1.200 kalori, itupun belum dari makanan yang kita konsumsi. Akibat dari konsumsi teh manis setiap hari ini menyebabkan meningkatnya kadar gula darah. Sebagai pengganti teh manis tersebut, Anda dapat mengonsumsi air putih atau teh tanpa tambahan gula berlebih.

2. Gorengan


Bentuknya yang cukup kecil, membuat kita tidak puas jika hanya menyantap satu gorengan saja. Inilah yang menjadi penyebab meningkatnya kadar gula darah Anda.

Tidak hanya meningkatkan kadar gula dalam darah saja, tetapi gorengan juga bisa menyebabkan munculnya penyakit degeneratif. Mulai dari diabetes melitus, stroke, sampai dengan jantung.

3. Suka ngemil


Ngemil dianggap sebagai aktivitas yang sepele, karena hanya mengonsumsi makanan-makanan ringan. Akan tetapi cobalah untuk melihat kandungan kalori pada camilan tersebut.

Menurut para ahli, ngemil dengan biskuit dan kripik kentang mampu meningkatkan resiko terkena diabetes yang lebih besar. Terutama apabila Anda ngemil dalam keadaan perut yang kosong.


4. Kurang tidur


Menurut sebuah penelitian yang diakukan di Universitas Chicago Amerika Serikat, seseorang yang tidak tidur selama 3 hari berturut-turut, dalam tubuh mereka mengalami penurunan pemecahan glukosa yang cukup tinggi. Akibatnya kadar gula dalam darah meningkat cukup drastis.

Tidak hanya itu saja, para ahli juga mengungkapkan bahwa seseorang yang kurang tidur minimal 6 jam, nafsu makan mereka akan meningkat cukup drastis, sehingga ketika terbangun mereka akan lebih banyak menyantap makanan berkalori tinggi.

5. Malas melakukan aktivitas fisik


Aktivitas fisik seperti olahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, termasuk salah satunya bermanfaat menurunkan kadar gula di dalam darah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa penduduk di Asia akan mengalami peningkatan penderita diabetes untuk 20 tahun kedepan sebesar 90 %. Hal ini terjadi karena kebanyakan penduduk Asia lebih memilih menggunakan kendaraan dari pada berjalan kaki.

6. Sering stres


Stres merupakan sebuah kondisi tekanan mental yang disebabkan karena banyaknya masalah yang kita pikirkan. Stres akan memicu peningkatan produksi hormon kartisol di dalam tubuh.

Hormon kartisol inilah yang berguna untuk memproduksi gula dalam darah secara lebih maksimal. Akibatnya ketika sedang banyak pikiran, kita cenderung memerlukan porsi makan yang lebih besar.

Baca juga:

Itulah beberapa penyebab gula darah tinggi yang dapat kami sampaikan. hindarilah penyebab-penyebab diatas agar gula darah Anda tetap stabil. Selain itu menerapkan pola hidup sehat juga sangat penting untuk mencegah munculnya diabete.

Subscribe to receive free email updates: