Penyebab dan Gejala Penyakit Stroke Wajib Baca


Penyebab dan Gejala Penyakit Stroke – Stroke merupakan penyakit yang menyerang pada bagian otak. Penyakit satu ini termasuk ke dalam deretan pembunuh mematikan di seluruh dunia. Munculnya stroke dapat disebabkan karena pecahnya pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, dan lain sebagainya.

Setidaknya setiap hari ada sekitar 30 orang meninggal dari seluruh kawasan penjuru dunia akibat dari Stroke, angka tersebut tentunya akan membuat siapa saja menjadi was-was terhadap stroke.

Nah agar Anda tidak terserang penyakit tersebut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab dan gejala penyakit stroke yang kami sajikan berikut ini.


1. Usia


Usia sangat erat kaitannya dengan penyakit stroke. Sangat jarang seorang anak muda yang terkena stroke, biasanya usia lanjut lebih sering terkena penyakit tersebut. Penuaan disinyalir bertanggung jawab besar terhadap usia tersebut.

2. Jenis kelamin


Seorang lelaki lebih beresiko terkena penyakit stroke dari pada perempuan. Meskipun tidak menutup kemungkinan seorang perempuan juga bisa terserang. Hal ini dikaitkan dengan kebiasaan-kebiasaan buruk yang lebih banyak dilakukan kaum lelaki.

3. Hereditas


Seseorang yang berasal dari riwayat keluarga penderita stroke, mereka memiliki peluang 2x lebih besar terkena stroke dari pada seorang dari riwayat keluarga non-penderita. Penyebab stroke satu ini sering dikaitkan dengan kode DNA yang bersifat sama dengan orang tua.

4. Ras atau etnis


Sudah sejak jaman dahulu kala dipercaya ras kulit putih jauh lebih beresiko terkena stroke dari pada ras kulit hitam. Meskipun ada juga kulit hitam yang mengalami stroke, tetapi prosentasenya dengan penderita stroke kulit putih adalah 5 : 1.

5. Penyakit-penyakit tertentu


Stroke juga dapat disebabkan karena latar belakang panyakit-penyakit tertentu. Adapun penyakit yang sering dikaitkan sebagai penyebab stroke antara lain seperti diabetes melitus, hipertensi, obesitas, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Gejala-Gejala Penyakit Stroke Stadium Awal

1. Susah berbicara


Hampir 90 % penderita penyakit stroke dapat diketahui dengan gejala susah bicara. Muculnya gejala satu ini disebabkan karena pembuluh darah yang menyuplai saraf ke otak mengalami gangguan, khusunya saraf yang menuju ke bagian mulut.

2. Muncul gangguan penglihatan


Pecahnya pembuluh darah pada bagian otak, tidak hanya mengakibatkan sulit bicara. Tetapi kondisi tersebut juga menyebabkan munculnya gangguan penglihatan mata. Seperti munculnya kabur, buram, dan bahkan sesekali penglihatan berubah menjadi gelap total.

3. Kehilangan keseimbangan


Penyempitan pembuluh darah dan bahkan pecahnya pembuluh darah secara otomatis akan menyebabkan keseimbangan tubuh mengalami gangguan. Gejala satu ini ditandai dengan sering terjatuh ketika berjalan normal, dan juga sensasi berputar seperti gejala sakit kepala.

4. Wajah terlihat murung


Gejala stroke selanjutnya adalah wajah terlihat murung. Wajah akan terlihat seperti kurang tidur, pucat, dan bahkan muncul kantung mata yang menghitam. Gejala ini semakin diperkuat apabila Anda juga mengalami rasa malas yang berlebihan.

5. Sesak napas


Tidak terdistribusinya darah keseluruh bagian tubuh, akan menyebabkan munculnya sesak napas. Keterlambatan distribusi darah ini disebabkan karena adanya penyempitan dan bahkan penyumbatan pembuluh darah akibat dari stroke.

Itulah sajian informasi singkat seputar penyebab dan gejala penyakit stroke. Semoga dengan mengetahui informasi tersebut, Anda bisa terhindar dari stroke. Akan tetapi jika Anda memiliki ciri-ciri gejala seperti diatas, sangatlah penting kiranya untuk berkonsultasi ke dokter secepatnya. Salam sehat.

Subscribe to receive free email updates: