Ciri Ciri Diabetes Melitus yang Wajib Anda Tahu

Ciri Ciri Diabetes Melitus yang Wajib Anda Tahu – Diabetes melitus atau kencing manis, merupakan penyakit pembunuh nomor empat di dunia, setelah penyakit serangan jantung, kanker dan TBC. Setiap harinya banyak sekali jiwa yang melayang akibat dari penyakit diabetes melitus.


Penyakit diabetes melitus dapat menyerang kapan saja dan kepada siapa saja tanpa pandang bulu. Bagi Anda yang sering makan manis dan berasal dari keturunan sebagai penderita diabetes, maka Anda lebih beresiko terkena penyakit tersebut. ketahui beberapa ciri-ciri diabetes melitus berikut ini, agar Anda tidak terserang penyakit berbahaya tersebut.

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes Melitus


1. Mati rasa


Hampir 60 % lebih penderita penyakit diabetes melitus mengalami ciri mati rasa. Kondisi mati rasa ini dapat muncul disebabkan karena adanya kadar gula dalam darah yang meningkat cukup drastis. Kadar gula berlebih inilah yang mengakibatkan gangguan pada saraf.

Biasanya seseorang yang sudah terkena diabetes melitus, mereka akan mengalami mati rasa pada bagian jari-jari, tangan, dan kaki.


2. Lebih sering buang air kecil


Ciri diabetes melitus selanjutnya adalah sering buang air kecil. Meskipun seseorang tidak banyak minum, tetapi rasa rasa ingin buang air kecil tersebut muncul setiap menitnya. Terlebih lagi jika disertai dengan rasa kencing yang manis. Apabila Anda mengalami kondisi semacam itu, maka silahkan untuk berkonsultasi kepada dokter atau ahlinya.

3. Barat badan berkurang


Meskipun kadar gula dalam darah meningkat, akan tetapi berat badan Anda tidak demikian. Malahan berat badan Anda akan turun secara drastis.

Mungkin sebagian besar dari kita menganggap menurunnya berat badan ini terjadi karena suksesnya Anda melakukan diet, tetapi cobalah untuk memeriksanya lagi, apakah saat ini Anda melakukan diet.

4. Nafsu makanan meningkat drastis


Resistensi hormon insulin dalam tubuh menyebabkan glukosa tidak bisa terdistribusi secara optimal keseluruh bagian organ. Akibatnya tubuh banyak menuntut untuk konsumsi makanan yang banyak mengandung gula (glukosa).

Meningkatnya nafsu makan ini akan semakin menjadi-jadi setelah Anda melakukan sebuah aktivitas fisik ataupun pekerjaan. Apabila mengalaminya, silahkan konsultasikan ke dokter.

5. Penglihatan mulai kabur atau buram


Ciri diabetes melitus yang satu ini sering terjadi pada penderita tipe 2. Munculnya penglihatan kabur terjadi karena penumpukan gula pada bagian sistem peredaran darah, khusunya untuk sistem peredaran darah yang menuju ke bagian organ penglihatan.

Akan tetapi kondisi tersebut dapat kembali ke semula, dengan syarat kadar gula dalam darah tersebut menurun ke angka normal pula.

6. Munculnya masalah di kulit


Kulit bersisik, kering, dan kusam sangat erat kaitannya dengan ciri penyakit diabetes melitus. Sebenarnya sangat sulit menyimpulkan penyakit diabetes dari gejala kulit, sebab banyak juga masyarakat Indonesia yang mengalami kulit kering. Munculnya masalah-masalh kulit ini disebabkan karena terjadinya disfungsi pada bagian organ penghasil keringat.

7. Proses pemulihan luka yang cukup lambat


Inilah ciri penyakit diabetes melitus yang sebenarnya. Apabila Anda terkena luka yang sembuhnya cukup lama, bahkan belum juga kunjung sembuh. Maka bisa dipastikan 80 % Anda menderita penyakit diabetes.

Sulit sembuhnya luka ini disebabkan karena tubuh mengalami peningkatan gula dalam darah yang menghambat munculnya hormon pembekuan darah.

Itulah ciri-ciri diabetes melitus yang wajib Anda ketahui sekarang juga. Apabila Anda mengalami gejala-gejala dan ciri diatas, silahkan untuk langsung berkonsultasi kepada dokter.

Subscribe to receive free email updates: