6 Cara Mengecilkan Pori Pori di Wajah Secara Alami

Cara Mengecilkan Pori Pori di Wajah Secara Alami – Pori-pori wajah yang besar sebenarnya bukan masalah kesehatan kulit yang serius, akan tetapi dari pori wajah yang besar inilah nantinya akan muncul berbagai macam gangguan kesehatan kulit.


Adanya pori-pori besar akan menyebabkan produksi minyak yang lebih besar pula, akibatnya jerawat pun tidak dapat dihindarkan lagi. Nah bagi Anda yang memiliki masalah tersebut, silahkan atasi dengan beberapa cara mengecikan pori-pori di wajah secara alami berikut ini.

Tips Mengecilkan Pori Pori di Wajah yang Mudah dan Alami


1. Selalu rajin membersihkan wajah


Wajah yang selalu dalam keadaan kotor dapat memicu munculnya pori-pori besar. Terutama jika wajah tidak sering dibersihkan dan banyak timbul masalah komedo.

Oleh sebab itu, bersihkan wajah Anda secara rutin setiap harinya. Usahakan minimal membersihkan wajah sebanyak 2 kali sehari. Anda bisa membersihkan wajah ketika mandi.

2. Lakukan scrubing secara rutin


Pengelupasan kulit atau scrubing sangatlah baik untuk mengatasi pori-pori besar di wajah. Mengingat scrubing sendiri akan membantu membebaskan pori-pori dari berbagai jenis kotoran yang menyebabkanya membesar.

Apabila Anda tidak mau menggunakan produk scrubing, silahkan untuk membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti jahe, kunyit, ampas teh, dan masih banyak lagi.

3. Aplikasikan retinol


Retinol sangatlah bermanfaat untuk mencegah produksi melamin dan meregenerasi sel-sel kulit wajah secara optimal. Seorang penulis buku bernama Debra Jaliman dalam sebuah hasil karyanya yang berjudul Skin Rules, mengungkapkan bahwa penggunaan retinol secara rutin setiap hari akan membantu meringkas pori-pori wajah yang membesar.


4. Gunakan selalu tabir surya atau sunblock


Mungkin sebagian besar dari kita menganggap tabir surya bermanfaat untuk mencegah kulit hitam akibat sinar matahari. Memang tabir surya atau sunblock sangat baik untuk mencegah radiasi sinar matahari. Tetapi selain itu, penggunaan tabir surya secara rutin juga akan sangat efektif untuk membantu mengecilkan pori-pori pada bagian wajah.

Seorang ahli kecantikan sekaligus pemilik dari Thorn Hill Skin Care, yakni Shown Solomon mengungkapkan bahwa seorang wanita yang rajin menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas, mereka akan terhindar dari berbagai masalah pori, termasuk salah satunya pori-pori besar.

5. Lakukan uap wajah


Uap panas yang keluar dari air rebusan sangatlah baik untuk meringkas pori-pori besar di wajah. Seorang ahli kecantikan bernama Celicia Wong asal Hongkong menyarankan bagi wanita yang memiliki pori besar untuk segera melakukan ritual uap.

Anda bisa melakukan ritual uap tersebut dengan menggunakan air rebusan dari lemon, minyak zaitun, dan air mawar. Usahakan melakukan penguapan ini selama minimal15 menit setiap harinya.


6. Olahraga


Olahraga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, tetapi olahraga juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Dengan melakukan olahraga secara rutin selama 1 jam sehari, dipercaya mampu mengembalikan ukuran pori-pori ke semula.

Olahraga akan membantu kulit mengeluarkan kotoran dan sel-sel kulit matinya melalui pori-pori dengan dorongan keringat. Sehingga semakin banyak keringat yang keluar, maka semakin maksimal perawatan tersebut.

Itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori di wajah secara alami. Meskipun tidak menggunakan bantuan bahan kimia, tetapi jika cara-cara diatas Anda lakukan secara rutin sesuai aturan, maka akan sangat efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates: