Gejala Kanker Serviks Pertama Kalinya


Gejala Kanker Serviks Pertama Kalinya – Kanker serviks merupakan penyakit yang muncul disebabkan karena adanya pengaruh Human Papilloma Virus (HPV). Virus tersebut menginfeksi pada bagian leher rahim seorang wanita.

Menariknya setiap hari dinyatakan sekitar 40 orang wanita di Indonesia terkena penyakit kanker serviks, 20 diantaranya meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Sedangkan menurut WHO, di dunia setiap harinya dua menit sekali wanita meninggal dunia akibat penyakit kanker serviks.

Minimnya pengetahuan mengenai kanker serviks menyebabkan mereka mudah terserang penyakit tersebut, terutama pengetahuan mengenai gejala awal yang muncul. Nah bagi Anda yang tidak ingin terkena penyakit tersebut, simak beberapa gejala kanker serviks stadium awal berikut ini.

Tanda-Tanda Kanker Serviks Stadium Awal


1. Keputihan Patologis


Keputihan merupakan sebuah kondisi wajar yang dialami oleh setiap wanita. Keputihan muncul disebabkan adanya cairan kental (mirip ingus) dari dalam liang mis v seorang wanita.

Meskipun wajar, ada pula beberapa wanita yang mengalami keputihan yang patologis atau keputihan bersifat penyakit. Adapun ciri-ciri keputihan patologis antara lain:
  • Lendir yang keluar berwarna kuning kental dan bahkan hijau.
  • Lendir menyebabkan munculnya rasa gatal-gatal.
  • Miss v mengeluarkan aroma yang kurang sedap.
  • Timbul rasa panas di sekitar miss v dan masih banyak lagi.
Apabila Anda mengalami kondisi seperti ciri diatas, periksakan diri segera ke dokter spesialis atau ahlinya.


2. Sakit pada area kewanitaan


Saat Human Papillo Virus (HPV) mulai berkembang di bagian miss v Anda, berkembangannya virus tersebut akan menyebabkan area di sekitar kewanitaan Anda terasa sakit. Mula-mula hanya terasa pegal saja, akan tetapi semakin lama rasa sakit mulai muncul dan bahkan menyebabkan nyeri seperti saat menstruasi.

Terlebih rasa sakit tersebut akan semakin terasa apabila Anda berhubungan badan dengan pasangan. biasanya area yang sakit antara lain di sekitar paha, panggul, bagian bawah perut, dan persedian.

3. Pendarahan


Banyak sekali wanita yang menganggap pendarahan merupakan tanda yang wajar akibat dari menstruasi, akan tetapi sebenarnya banyak pendarahan yang merupakan gajala awal penyakit kanker serviks.

Oleh sebab itu jika Anda mengalami gejala pendarahan yang tidak wajar, terutama di luar jadwal menstruasi silahkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau ahlinya.

4. Penurunan nafsu


Semakin berkembangnya virus HPV dalam miss v secara otomatis akan membuat sistem imunitas tubuh yang Anda miliki semakin melemah. Hal ini selanjutnya akan menyebabkan stres, depresi, rasa khawatir, dan bahkan menurunnya nafsu makan.

Banyak juga wanita yang menganggap gejala seperti ini merupakan kondisi tubuh yang kelelahan, padahal itu adalah tanda awal kanker serviks.

5. Bengkak pada bagian kaki


Dengan berjalannya waktu, sekarang Human Papilloma Virus tidak hanya menyerang pada bagian miss v saja, tetapil kini virus tersebut sudah menyebar keseluruh tubuh.

Menyebarnya virus keseluruh bagian tubuh ini ditandai dengan munculnya kaki yang membengkak. Apabila Anda sudah memasuki kondisi ini, maka bersiap-siapkanlah untuk segera menghadapi keganasan penyakit kanker serviks tersebut.

Itulah beberapa gejala kanker serviks yang dapat kami sampaikan. Sangat penting sekali bagi para wanita untuk mengetahui tanda-tanda diatas. Sebab jika gejala tersebut tidak diketahui sejak dini, kanker serviks bisa jadi membunuh Anda dalam waktu seketika. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar dunia kesehatan

Subscribe to receive free email updates: