20 Makanan yang Kaya Akan Kandungan Vitamin A


Vitamin A merupakan zat antioksidan yang terkait dengan kesehatan mata. Vitamin A dapat mencegah peradangan mata dan mata kering. Dalam sehari, orang dewasa membutuhkan sekitar 5.000 IU vitamin A. Karenanya, penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin A, agar kebutuhan tubuh terhadap vitamin tersebut tercukupi.

Lalu makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin A? Berikut ini di antaranya.

1. Wortel


Wortel sudah terkenal sebagai sayuran yang kaya vitamin A. Satu wortel ukuran sedang mengandung 200 persen dari kebutuhan rata-rata vitamin A orang per hari. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin C, K, dan B, juga magnesium dan serat. Baca juga makanana yang mengandung magnesium.


2. Selada


Satu cangkir selada yang diparut mengandung 361 IU vitamin A dan 10 kalori.


3. Ubi jalar


Ubi jalar menyediakan 438 persen dari kebutuhan rata-rata orang dewasa terhadap vitamin A. Ubi jalar berukuran sedang mengandung 21.909 IU vitamin A.


4. Minyak hati ikan kod


Minyak hati ikan kod mengandung banyak vitamin dan mineral, di antaranya vitamin D, omega-3 dan vitamin A. Satu sendok makan minyak hati ikan kod mengandung 14.000 IU vitamin A.

5. Lada merah


Sebagai rempah, lada merah membantu menambah rasa makanan, selain juga menambah vitamin A. Dalam 1 sendok makan lada merah terkandung 2.018 IU vitamin A, atau sekitar 42 persen kebutuhan vitamin A sehari.

6. Hati kalkun


Dalam 100 gram hati kalkun terdapat 75.333 IU vitamin A, atau 1.507 persen dari nilai harian rata-rata kebutuhan vitamin A.

7. Paprika


Satu sendok makan paprika mengandung 69 persen dari jumlah harian vitamin A yang direkomendasikan. Paprika juga merupakan sumber vitamin C, kalium, dan kalsium.


8. Mangga


Tidak hanya enak, mangga juga buah yang menyediakan vitamin A dalam jumlah besar. Dalam 1 irisan mangga terdapat sekitar 1.785 UI, atau sekitar 36 persen dari kebutuhan rata-rata harian vitamin A.


9. Susu


Secangkir susu mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin D, dan vitamin A. Satu cangkir susu mengandung 395 UI vitamin A.

10. Butternut squash


Warna kuning-orange butternut squash adalah tanda tinggi betakaroten yang dikonvesi menjadi vitamin A dalam tubuh. Dalam secangkir butternut squash terkandung 22.868 IU vitamin A.

11. Kemangi kering


Daun yang memiliki wangi khas ini mengandung 744 IU vitamin A dalam 100 gramnya.

12. Blewah


Blewah termasuk buah yang rendah kalori dan lemak. Dalam satu irisan atau 1/8 bagian blewah terkandung 5.986 IU vitamin A.


13. Kacang polong


Satu porsi atau setengah cangkir kacang polong menyediakan 134 persen dari jumlah kebutuhan rata-rata harian vitamin A yang disarankan.


14. Lobak


Satu cangkir lobak yang dicincang mengandung 6.373 IU vitamin A.

15. Aprikot kering


Satu cangkir buah aprikot kering mengandung 94 persen dari jumlah rata-rata kebutuhan vitamin A yang disarankan.


16. Tomat


Satu buah tomat ukuran sedang mengandung 20 persen dari kebutuhan vitamin A untuk sehari. Tomat juga merupakan sumber vitamin C dan likopen.


17. Bayam


Satu cangkir bayam mengandung 2.464 IU vitamin A atau sekitar 49 persen dari kebutuhan harian vitamin A. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C, vitamin K, mangan, besi, dan kalsium.


18. Pepaya


Satu buah pepaya ukuran kecil mengandung 1.444 IU vitamin A. Buah tropis ini juga mengandung beberapa vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan.

19. Paprika merah


Dalam paprika merah ukuran sedang mengandung 3.726 IU vitamin A

20. Hati sapi


Dalam 100 gram hati sapi terkandung 16.898 IU vitamin A, atau lebih dari 300 persen dari asupan vitamin A yang dibutuhkan dalam sehari.

Demikian informasi yang tersaji untuk Anda mengenai 20 makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Subscribe to receive free email updates: