6 Makanan Terbaik Yang Mengandung Vitamin D

 
Makanan Yang Mengandung Vitamin D - Lemahnya otot dan menurunya kepadatan tulang adalah beberapa tanda seseorang mengalami kekurangan vitamin D. Anak-anak bahkan bisa terkena asma, sementara lansia bisa mengalami gangguan kognitif jika tidak cukup memenuhi kebutuhan vitamin D mereka. Karenanya, memenuhi kebutuhan vitamin D bisa dibilang sangat penting, karena sangat menunjang kesehatan serta menjauhkan masalah penyakit.

Vitamin D bisa diperoleh dengan muda melalui sinar matahari pagi. Karenanya, berolahraga di pagi hari atau berjemur di pagi hari bisa membantu tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin D.

Berapakah kebutuhan vitamin D setiap orang? orang berusia 1-70 tahun membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 15 mikrogram setiap hari. Sementara orang di atas 70 tahun, dianjurkan mengonsumsi vitamin D harian sebanyak 20 mikrogram.

Berikut ini beberapa makanan yang kaya vitamin D, yang sangat baik dipilih untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh kita. Makanan-makanan berikut ini juga sangat baik untuk para vegetarian dalam mengasup vitamin D.

1. Produk Kedelai


Makanan produk kedelai semacam tahu dan tempe merupakan sumber vitamin D. Selain murah dan dapat diproleh dengan mudah, makanan ini juga bisa diolah dalam berbagai sajian yang enak.

2. Sereal


Sereal adalah menu sarapan sehat, karena mengandung vitamin D, khususnya untuk para vegetarian. Sangat disarankan untuk memeriksa label pada kemasan sereal, guna memastikan jumlah asupan tepat vitamin D.

3. Jamur


Kaum vegetarian yang menjauhi daging bisa mendapatkan asupan vitamin D dari jamur. Hidangan jamur bisa dinikmati sebagai makan malam yang lezat.

4. Jeruk  


Dibanding buah lain, jeruk mengandung vitamin D paling banyak. Menikmati jus jeruk bisa memberi asupan kalsium dan vitamin D untuk tubuh.

5. Margarin


Umumnya, margarin mengandung vitamin D. Namun, untuk memastikan hal tersebut, periksa labelnya dan pastikan memang terdapat kandungan vitamin D di dalamnya. Meski baik untuk dikonsumsi demi memperoleh asupan vitamin D, namun sebaiknya jangan mengonsumsi margarin dalam jumlah berlebihan.

6. Alternatif Susu


Kaum vegetarian biasanya menghindari produk susu hewani, termasuk susu sapi. Jika Anda termasuk yang seperti itu, susu alternatif  bisa jadi pilihan, semisal susu kedelai, atau lainnya. Selain rasanya tidak kalah lezat, kandungan gizinya juga cukup baik.

Demikian tadi tentang 6 makanan terbaik yang mengandung vitamin D semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Subscribe to receive free email updates: