Mengenal Jenis Ikan Sapu-Sapu Pemakan Lumut

Jika membahas soal ikan, mengenal jenis ikan sapu sapu itu sangat mudah sekali. Ikan ini adalah sekelompok jenis ikan tawar yang asal sebenarnya dari negara Amerika tropis dan masih satu famili dengan Loricariidae, tapi tidak semua keluarga Loricariidae adalah ikan sapu sapu.

Mengenal Jenis Ikan Sapu-Sapu Pemakan Lumut

Ikan jenis ini lebih di kenal sebagai ikan pemakan lumut atau alga dan juga lebih di populer sebagai ikan yang dapat membersihkan akuarium. Jadi kalau memelihara ikan lainnya, kita masih membutuhkan waktu untuk membersihkan aquarium dalam beberapa waktu sekali dan semua itu untuk kesehatan ikan, namun dengan memelihara ikan jenis ini, kita sudah tidak perlu lagi untuk kesusahan membersihkannya karena ikan ini nantinya akan membersihkan tempatnya sendiri sebagai makanannya. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai ikan sapu sapu maka langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Jenis Ikan Sapu Sapu


Mengenal jenis ikan sapu sapu di dalam dunia perdagangan internasional, ikan ini lebih di kenal sebagai Plecostomus atau dengan nama singkat Plecos dan juga Plecs. Kemudian di Malaysia, warga negara sana lebih mengenal ikan ini dengan sebutan ikan bandaraya. Pemberian nama tersebut di sesuaikan dengan fungsi dari ikan yang terlihat suka membersihkan kota atau bandar. Di indonesia ini sendiri, analoginya juga di gunakan namun lebih tepat sebagai alat sapu maka di beri nama ikan sapu sapu.

Mengenal jenis ikan sapu sapu di dalam habitat ikan yaitu ikan jenis ini nyaris dapat bertahan hidup meski bersama dengan ikan akuarium jenis apa saja. dan bahkan biasanya ikan ini juga mampu bertahan hidup meski bentuk ukuran aquarium sangat kecil. Ikan sapu dapat bertumbuh dengan panjang 60 cm dan pada ukuran yang lebih panjang tersebut biasanya ikan ini akan berubah menjadi tidak aktif lagi dan juga kurang bersahabat.

Mengenal jenis ikan sapu sapu itu memang sangat mudah sekali. Jika di lihat dari habitat hidupnya dan juga dari kebiasaannya, kita akan tahu bahwa ikan sapu bersifat omnivora ini dapat memakan apa saja dengan mencari sisa sisa tumbuhan yang ada di dalam air. Dan biasanya ikan sapu akan bereaksi untuk mencari makanannya pada malam hari. Banyaknya orang yang menganggap bahwa ikan sapu sapu ini jelek dan tidak indah di pandang. Namun kebiasaan baik yang di miliki oleh ikan ini dapat di manfaatkan untuk lebih menonjolkan keindahan jenis ikan hias lainnya yang hidup tinggal bersamanya di dalam aquarium yang selalu di bersihkannya.

Itulah beberapa informasi mengenai mengenal jenis ikan sapu sapu yang dapat anda ketahui. Dan yang harus anda tahu juga bahwa ikan jenis ini tidak dapat di konsumsi karena memang tidak layak makan. Hal tersebut di karenakan ikan sapu sapu mengandung banyak merkuri, logam berat, timbal, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mulai Mengenal Ikan Manfish

Subscribe to receive free email updates: