Tutorial Cara Membuat Aquascape Mudah dan Sederhana

Tutorial Cara Membuat Aquascape Mudah dan Sederhana  - Apakah anda memiliki sebuah aquarium? Apakah aquarium anda terlihat biasa-biasa saja? Berminatkah anda membuat aquarium kepunyaan anda lebih greget? Kalau anda berminat, anda bisa membuat aquascape di dalam aquarium anda.

Tutorial Cara Membuat Aquascape Terbaru 2016

Aquascape memang terdengar asing bagi yang bukan pengagum ikan hias. Aquascape merupakan sebuah biota laut mini dimana terdapat sebuah ekosistem kecil yang bisa berupa tanaman, fosil, batu-batuan, kayu atau benda-benda lainnya.

Aquascape bisa dibilang sebagai sebuah seni. Karena jika anda memang berniat membuat sebuah aquascape, anda akan menjadi sebuah desainer. Anda akan mendesain tata letak serta konsep dari biota laut mini anda. Itulah kenapa, cara membuat aquascape tidaklah mudah.

Ada beberapa hal yang wajib anda ketahui ketika anda membangun sebuah aquascape. Sebuah aquascape biasanya ekosistemnya akan tercipta setelah menginjak sekitar umur dua bulan. Faktor lighting juga penting, anda harus menemukan pencahayaan yang mampu menggantikan matahari untuk melakukan proses fotosintesis untuk tanamannya. Kadar CO2 di dalam aquarium juga berpengaruh besar untuk kehidupan di dalam aquarium.

Apabila kadar CO2 terlalu banyak, ikan-ikan anda akan sering lari ke permukaan, dan bisa jadi menyebabkan kematian untuk ikan. Nutrisi pada tanaman serta kualitas air juga merupakan faktor vital di dalam sebuah aquascape. Maka dari itu, pengetahuan tentang aquascape adalah langkah pertama, sedangkan cara membuat aquascape adalah langkah kedua.

Langkah-Langkah Cara Membuat Aquascape

Di dalam cara membuat aquascape, anda punya beberapa barang yang harus anda persiapkan. Persiapan awalnya yakni, sediakanlah sebuah aquarium pilihan anda. Kemudian masukkanlah pasir-pasir yang sudah anda siapkan.

Jangan lupa untuk meletakkan carbon active pada bagian tengahnya. Benda ini mampu menyerap kandungan-kandungan berbahaya yang terdapat dalam air. Ratakanlah pasir yang anda masukkan hingga ke sudut-sudut aquarium supaya merata.

Selanjutnya berikan pupuk dasar pada aquarium. Pupuk ini berfungsi sebagai penunjang nutrisi bagi tanaman biota laut mini kepunyaan anda. Pupuk ini digunakan untuk tanaman yang mempunyai akar. Apabila tanaman yang akan anda pasang tidak memiliki akar, maka anda bisa skip langkah ini.

Langkah selanjutnya dalam cara membuat aquascape adalah, hardscape. Pada langkah ini anda mulai mendekor hardscape, yakni tentang tata letak penempatan hardscape. Sebelum mendesain hardscape, timbunlah dulu pupuk dasar yang telah anda lakukan pada tahap sebelumnya.

Jika sudah, susunlah dimana penempatan hardscape, dimana anda akan meletakkan batu-batuan anda, dimana anda akan meletakkan kayu anda, sehingga ketika ekosistemnya sudah terbentuk, tanaman yang tumbuh di hardscape akan terlihat sangat indah. Bukan hal mudah menentukan letak hardscape, maka dari itu, susunlah dengan hati-hati.

Pengisian air adalah tahap lanjutan dari cara membuat aquascape. Langkah ini terkesan sepele. Akan tetapi bisa fatal jika salah caranya. Untuk mengantisipasi supaya pasir anda tidak berantakan, ketika anda melakukan pengisian air, letakkanlah sebuah kertas merata di atas pasir anda. Kemudian baru isilah air secara perlahan, lakukanlah dengan teratur dan merata.

Tahap terakhir dari tutorial ini adalah penanaman tanaman hias. Setelah air mengisi seperempat bagian dari aquarium, tanamlah tanaman hias anda. Jika sudah selesai, penuhilah aquarium anda. Disini anda juga harus memasang outlet filter, CO2, alat lighting serta alat-lain yang dibutuhkan. Setelah air yang anda isikan penuh.

Buanglah air hingga air di dalam aquarium sebesar 70%. Kemudian, isilah kembali airnya hingga penuh. Hal ini berguna untuk membuang amonia yang ada pada pupuk. Sekian dari tutorial membuat aquascape. Terima kasih.

Baca Juga: Berbagi Jenis Pompa Air Untuk Kolam Ikan Terbaik 2016

Subscribe to receive free email updates: