Berkenalan Dengan Jenis Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan salah satu ikan populer di kalangan masyarakat indonesia. Sebenarnya bukan hanya di kalangan Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Ikan ini sudah memiliki banyak jenisnya. Ikan ini memiliki bentuk yang unik sehingga sangat wajar apabila ikan ini sangat diminati dan digemari oleh berbagai kalangan.

Habitat asli ikan mas koki adalah di perairan dangkal yang udaranya sejuk. Ikan air tawar ini mempunyai nama latin carrasius auratus. Harga dari jenis ikan mas koki pun juga berbeda. Dari angka ribuan sampai mencapai angka ratusan ribu rupiah.

Berkenalan Dengan Jenis Ikan Mas Koki

Beberapa Jenis Ikan Mas Koki


Jenis ikan mas koki sangatlah banyak. Jenisnya sangat beragam karena banyak yang telah mencoba melakukan persilangan terhadap ini. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan mas koki yang bisa saja anda belum kenali atau ketahui. Pertama, mas koki wakin. Ikan mas koki yang satu ini mempunyai tubuh agak bulat. Nama wakin sebenarnya adalah julukan orang Jepang atas ikan mas ini. Diberi nama wakin karena ikan ini adalah ikan mas pada umumnya atau common goldfish. Panjang ikan mas koki ini bisa mencapai 17 cm hingga 20 cm.

Kedua, jenis ikan mas koki fantail. Ikan mas koki yang satu ini memiki karakteristik sebagai berikut. Sirip punggung milik ikan ini tegak. Dadanya memiliki dua sirip, begitu juga anusnya yang memiliki dua sirip. Ikan mas koki ini memiliki ekor kembar. Ekor yang dimiliki mas koki ini bentuknya mekar. Ukuran ikan ini pun bisa dibilang lumayan panjang. Ikan ini sangat populer di negeri sakura. Di sana, ikan tersebut menempati peringkat kedua sebagai mas koki tersohor. Fantail menempati posisi kedua dibawah mas koki lion head.

Ketiga, jenis ikan mas koki veiltail. Karakteristik ikan mas koki veiltail adalah memiliki sirip sejumlah enam buah yakni sirip punggung, sirip ekor, dua sirip dada, dan dua sirip anus. Ikan ini gemuk dan lamban dalam berenang dan berakselerasi. Ikan gemuk ini mempunyai sirip yang panjang. Ikan ini akan terlihat gemetaran jika ia mulai berenang, mungkin karena tubuhnya yang gemuk dan ekornya yang panjang. Ikan mas koki ini sangat lucu dan imut bila dia sedang berenang. Sirip-siripnya yang bergerak mengikuti alur tubuh gemuknya sangat indah.

Keempat, jenis ikan mas koki lionhead. Karakteristik yang ikan ini miliki adalah, lima buah sirip yang dia punyai. Punggung ikan ini tidak memiliki sirip. Jadi bagian punggung terlihat polos. Bentuk tubuh dari ikan ini sangatlah pendek.

Ekor juga sama, sangat pendek. Sirip ikan ini khususnya sirip perut dan dada sangatlah pendek dan mungil. Akan tetapi jangan salah sangka, ikan ini menempati puncak ikan mas tersohor di Jepang. Lion head mengalahkan fantail yang hanya duduk di peringkat ke dua. Nah itulah beberapa jenis ikan mas koki yang mungkin saja anda belum tahu. Semoga posting ini bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga: Jenis Ikan Louhan Termahal 2016

Subscribe to receive free email updates: