Umpan Ikan Mujair Yang Paling Ampuh

Bisa dikatakan kalau memancing ikan Mujair itu gampang-gampang susah, jika si mujair ini sedang mood, mata kail yang baru saja dilempar ke air bisa saja langsung disambar umpannya oleh si mujair ini. Namun jika si ikan Mujair ini lagi jelek moodnya maka akan malas makan, sehingga meski umpan sudah tersedia di depan mulutnya, maka bisa jadi si ikan malah kabur, menyebalkan sekali bukan.

Umpan Ikan Mujair Yang Paling Ampuh
Umpan Ikan Mujair Yang Paling Ampuh

Maka dari itu bagi anda yang benar-benar hobi memancing, maka sebaiknya anda harus tahu apa saja umpan yang paling ampuh untuk memancing ikan Mujair. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja Umpan Ikan Mujair yang ampuh.

Sebelum membahas Umpan Ikan Mujair, sebaiknya kita kenalan lebih jauh dengan si Mujair ini. Ikan Mujair atau yang disebut ikan Nila adalah species ikan yang habitatnya di perairan tawar seperti danau, rawa maupun muara sungai. Ikan Mujair begitu digemari masyarakat karena rasanya yang gurih dan harganya yang murah.

Kadang Mujair juga sanggup hidup di air payau, yang dipelihara bersama dengan ikan Bandeng. Ikan Mujair mempunyai warna tubuh abu-abu hitam tapi ada juga yang berwarna kuning. Ikan mujair memiliki ukuran tubuh antara 5 sampai 10 jari untuk yang siap dikonsumsi. Nama ilmiah dari mujair adalah Oreochromis mossambicus.

Ikan Mujair ini memiliki sirip punggung seperti duri sebagai alat pertahanan. Kecuali sangat lezat untuk dikonsumsi, ikan Mujair juga menjadi favorit bagi para mancing mania atau kalangan penghobi memancing. Hal tersebut salah satunya karena ikan Mujair ini banyak ditemukan dimana pun sehingga sangat mudah mencarinya.

Dan seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu kunci sukses dalam memancing ikan Mujair ialah umpan yang digunakan. Berikut ini beberapa umpan jitu mancing ikan Mujair. Penasaran apa saja Umpan Ikan Mujair paling ampuh, simak ulasan singkat berikut ini.

Umpan Ikan Mujair paling jitu


Salah satu Umpan Ikan Mujair yang paling ampuh adalah umpan dari lumut sawah. Lumut sawah bisa anda temukan di sekitar areal persawahan basah maupun di sungai yang memiliki aliran air tenang. Namun jika tak ingin repot, silahkan saja membelinya di toko perlengkapan memancing.

Sebaiknya sediakan wadah lumut, bisa menggunakan ember kecil atau wadah plastik bekas kemasan cat. Tuangkan lumut serta air sesuai keperluan dan taburkan sedikit garam dapur. Garam tersebut berguna agar lumut lengket, sehingga saat digunakan di dalam air tak gampang ambyar.

Umpan Ikan Mujair lainnya yang tak kalah ampuh adalah umpan udang rebon. Gunakan udang rebon hidup berukuran kecil. Pasang umpan udang rebon pada mata kail, tusukkan 3 hingga 4 udang rebon. Umumnya jika me mancing menggunakan umpan ampuh ikan Mujair berupa udang rebon tersebut, ikan akan menjadi lebih agresif dibanding menggunakan umpan lumut.

Dan umumnya ikan Mujair di perairan payau jauh lebih gampang dipancing menggunakan udang rebon ini. Sementara apabila anda memancing di air tawar seperti di sungai, danau maupun waduk maka umpan lumut adalah umpan yang paling pas.

Umpan Ikan Mujair yang lainnya yang juga tak kalah ampuh adalah dengan menggunakan cacing. Cacing adalah umpan untuk berbagai macam jenis ikan. Cacing memang sangat pas untuk dijadikan sebagai umpan yang ampuh karena baunya yang sangat khas yakni amis yang menarik perhatian para ikan.

Akan tetapi pada saat hendak memancing ikan mujair, sebaiknya gunakan cacing yang bagus contohnya seperti, cacing kristal, cacing susu, cacing merah, serta cacing kalung.

Umpan Ikan Mujair yang lainnya yang juga tak kalah ampuh adalah udang. Udang yang digunakan yakni udang air tawar yang dapat langsung dikaitkan ke mata kail mulai dari ekornya. Akan tetapi anda juga dapat mencampur udang dengan essence udang maupun pelet rasa udang.

Penambahan essence udang tersebut agar aroma udang bisa semakin tajam serta semakin menarik ikan mujair. Cukup taruhlah udang dalam ember lalu campur essence udang maupun pelet rasa udang, aduk sampai rata. Udang siap untuk dikaitkan di mata kail.

Subscribe to receive free email updates: