Umpan Ikan Bandeng Yang Paling Ampuh

Umpan Ikan Bandeng - Ikan bandeng atau nama ilmiahnya Chanos chanos merupakan golongan ikan payau. Bisa hidup mulai dari pinggiran pantai sampai ke tengah lautan, namun akan kembali ke tepi pantai untuk bertelur. Ikan bandeng lebih suka perairan dangkal dengan tanaman bakau di sekitarnya. Karakteristik ikan bandeng saat memakan umpan seringnya di kedalaman 15 cm dari permukaan air dengan waktu makan mulai jam 7 sampai jam 10 pagi, untuk sore mulai jam 3 sampai jam 6. Untuk siang hari tidak ada acara makan dan biasanya hanya berdiam di dasar tambak. Kebiasaan lainnya yakni senang bergerombol-gerombol serta berpindah-pindah tempat.


Menaklukkan ikan jenis Bandeng pada saat memancing tentu mempunyai sensasi serta kesan tersendiri. Tarikan dari ikan bandeng bisa jadi sangat menantang untuk bisa ditaklukkan. Wajar jika kerap ditemukan joran yang terseret-seret jika mata pancing mendapat target atau strike tanpa diketahui. Pada saat Umpan Ikan Bandeng disambar dan terjadi strike akan menjadi sesuatu yang sangat mengasyikkan, lebih-lebih jika saat ikan bandeng tiba-tiba saja meloncat serta panik dengan berenang tak tentu arah dengan sangat cepat, tali pancing antar para pemancing bisa kusut karena saling sangkut.

Anda pasti sangat tertarik untuk mencobanya bukan? Maka segera siapkan joran serta umpan untuk ikan bandeng ini. Jika anda belum tahu apa saja umpan ampuh mancing ikan Bandeng, sebaiknya simak artikel berikut. Umpan memancing ikan bandeng yang paling gampang adalah gunakan saja umpan yang diberikan oleh pengelola kolam pancing di mana biasanya potongan roti maupun pellet. Namun tidak ada salahnya jika anda bereksperimen untuk membuat umpan anda sendiri. Tak sulit sebenarnya serta juga tak memerlukan bahan yang sukar didapat. Berikut beberapa contoh Umpan Ikan Bandeng yang paling ampuh dan patut anda coba.

Umpan Ikan Bandeng yang paling jitu


Biasanya Umpan Ikan Bandeng yang umum digunakan di antaranya adalah Roti Reject atau Roti bekas pabrikan. Caranya menggunakannya cukup di ulir di mata kail. Pellet merah ikan koi, cara menggunakannya bisa di seduh dengan air panas saja atau di campur dengan telur mentah dan pasang pellet di mata kail 1 hingga 3 butir. Pellet olahan seperti pellet coklat, sarden, essen teggiri atau choya juga bisa digunakan sebagai umpan memancing bandeng. Lure seperti minnow, popper, mute atau penghapus pensil merah juga bisa digunakan sebagai umpan.

Baca:  Umpan Ikan Gabus Yang Paling Ampuh

Umpan Ikan Bandeng yang pertama ini tak terlalu sulit untuk dibuat, siapkan saja bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang diperlukan adalah : 2 bungkus pelet serta kuning telur asin. Langkah untuk membuatnya sebagai berikut, pertama tuangkan pelet ke dalam wadah dan juga tambahkan sedikit air panas, aduk sampai benar-benar mengental. Langkah selanjutnya tambahkan kuning telur asin kemudian diaduk-aduk kembali sampai kuning telur benar-benar bercampur rata. Setelah umpan jadi, masukkan ke dalam kantung plastik maupun wadah plastik dengan penutup. Umpan siap tersebut siap digunakan untuk menaklukkan ikan bandeng yang ada di tambak.

Lihat: Umpan Ikan Bawal Praktis Dan Ampuh

Umpan Ikan Bandeng yang selanjutnya juga sangat mudah untuk dibuat. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya yakni berupa 1 bungkus pelet, 2 butir telur, deho atau bisa diganti dengan ikan sarden tanpa kuahnya dan bahan yang terakhir adalah kroto. Cara membuatnya mudah pertama campurkan jadi satu pelet, telur serta deho, tuangkan sedikit air panas lalu aduk-aduk perlahan hingga rata. Untuk kroto, tambahkan sedikit air panas lalu aduk-aduk. Kedua adonan lalu dicampurkan menjadi satu, aduk perlahan sampai kenyal. Jika terlalu lembek, tambahkan mi instan yang sebelumnya juga diblender, atau bisa menggunakan kinoy.

Selain Umpan Ikan Bandeng peralatan mancing juga diperlukan untuk berburu ikan bandeng. Sebelum ke kolam atau tambak, ada baiknya lakukan pengecekan peralatan mancing ikan bandeng yang akan anda gunakan. Peralatan utama memancing ikan bandeng di antaranya adalah Joran yang digunakan memancing bandeng, biasanya berukuran 150 cm sampai 180 cm dengan action medium dan rating kenur 3 - 18lbs. Reel, Line, Kail, Timah Pemberat dan Stoper.

Subscribe to receive free email updates: