Cara Mudah Budidaya Pepaya California

Pepaya California adalah buah yang telah mendunia. Buah ini banyak ditemukan di Indonesia dan menjadi salah satu buah komoditi yang cukup laris. Pada dasarnya budidaya pepaya California hampir sama dengan jenis pepaya lainnya, buah yang satu ini cenderung bisa hidup di berbagai daerah baik dataran tinggi rendah maupun mana saja. Anda bisa membudidayakan buah yang satu ini bahkan di rumah anda sendiri, berikut kami paparkan cara mudah untuk menanam pepaya California.

Cara Mudah Budidaya Pepaya California

Cara menanam pepaya California

Budidaya pepaya California tentunya tak akan dilepaskan dari cara menanam pepaya yang benar. Jika anda ingin menanam pepaya hanya di sekitar rumah sebaiknya anda membeli bibitnya jadi kemudian anda tanam.

Pilihlah bibit yang benar benar berkualitas dan memiliki riwayat yang baik. Namun anda juga bisa membuat bibit pepaya langsung dengan memilih pepaya yang bagus kualitasnya, selanjutnya anda pilih biji pepaya dan dikeringkan sendiri. Selanjutnya siapkan media tanam untuk pepaya tersebut.

Media tanam ini sebaiknya dengan menggemburkan lahan yang telah anda siapkan selanjutnya berikan pupuk kandangan tanah tersebut secukupnya. Dimakan kurang lebih satu minggu agar hilang racun dan lainnya selanjutnya buat lubang tanaman pepaya, dan anda siap untuk menanam pepaya California.

Saat menanam pepaya California jangan lupa bibit tersebut dicampurkan dengan bau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1 untuk pupuk dan pupuk kandang.

Cara memelihara pepaya California

Dalam budidaya pepaya California pemeliharaan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda harus memelihara pepaya tersebut agar bisa berbuah dengan baik dan besar. Pemeliharaan pepaya California meliputi tahap penyiraman, pemupukan dan penyiangan.

Ketiga hal tersebut mungkin terlihat biasa, namun efeknya akan berpengaruh terhadap hasil buah pepaya yang akan anda panen. Siramilah pohon pepaya anda tiap pagi sebelum terik matahari ,lakukan hal ini secara rutin tiap hari. Pemupukan tanaman pepaya juga dibutuhkan agar menghasilkan buah yang benar benar ranum dan lezat.

Dalam budidaya pepaya California pemupukan dilakukan dalam waktu yang berjangka. Lakukan pemupukan disekitar tanaman pepaya. Lakukan pemupukan kurang lebih setelah dua bulan tumbuh hingga tanaman berusia kurang lebih 6 bulan. Lakukan dengan memberikan pupuk kandangan yang telah matang. Pemeliharaan tanaman ini juga bisa dilakukan dengan menyiangi area pohon papaya.

Setelah pohon pepaya anda berusia kurang lebih 9 atau 10 bulan, maka pohon pepaya akan berbuah, saat inilah anda memanen pepaya anda untuk pertama kalinya. Pohon pepaya selanjutnya akan kembali berbuah dengan umur yang tak terbatas, umumnya pohon pepaya memiliki masa hidup hingga 5 tahun, setelah tahun tersebut umumnya pepaya sudah tidak produktif lagi.

Budidaya pepaya California ini sangat mudah bukan ? hasilnya juga sangat lumayan jika digunakan untuk tambahan penghasilan.

Baca juga: Cara Budidaya Ulat Hongkong Mudah Dan Sederhana

Subscribe to receive free email updates: